Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis perencanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan   SMP-SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang, (2) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan   SMP-SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang, (3) Menganalisis pelaksanaan evaluasi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan  SMP-SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang, dan (4) Menganalisis pelaksanaan program tindak lanjut evaluasi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP-SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Guru Penjasorkes di SMP SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang telah membuat perencanaan seperti program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, namun belum pernah membuat analisis materi pelajaran, serta dalam pembuatannya masih belum menggunakan bahasa Inggris seperti mata pelajaran yang lain. 2) Guru telah melaksanakan pembelajaran penjasorkes dan mengelola kelasnya dengan baik, namun dalam penyampaian materi masih dominan menggunakan bahasa Indonesia. 3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan meliputi aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. 4) Tindak lanjut evaluasi yang dilakukan oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan hanya melaksanakan program perbaikan, sedangkan program pengayaan belum dilaksanakan