Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini untuk: 1) menghasilkan materi pembelajaran penjasorkes tematik yang disajikan sesuai dengan tema pembelajaran kelas 1 SD, 2) keterlaksanaan  Materi pembelajaran penjasorkes tematik yang disajikan sesuai dengan tema pembelajaran kelas 1 SD secara efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) yakni pengembangan produk berupa materi pembelajaran penjasorkes tematikuntuk kelas 1 sekolah dasar.Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kemudian di konversikan ke data kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 1 di 22 sekolah dasar di kabupaten Purworejo. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Data kuantitatif yang diperoleh melalui angket penilaian dan wawancara dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kemudian di konversikan ke data kualitatif. Hasil penelitian terhadap ketertarikan produk dari peserta didik rata-rata 99,17 (Amat Baik), keterterimaan produk dari guru rata-rata 82,38 (Baik), Keterlaksanaan diperoleh dari penilaian kognitif rata-rata 97,32 (amat baik), afektif rata-rata 86,76 (baik) dan psikomotor rata-rata 84,62 (Baik). Keterterimaan produk yang dihasilkan diperoleh nilai rata-rata 90,77 (amat baik) dan keterlaksanaan nilai rata-rata 89,57 (baik). Kesimpulan bahwa materi pembelajaran penjasorkes tematik untuk kelas 1 sekolah dasar yang dikembangkan dapat diterima dengan amat baik  dan dapat terlaksana dengan baik.


Abstract

This research is aimed to : 1) Which is given according to learning theme in first class of elementary school. 2)The caried out presented accordance with the theme of the grade one learning of elementary school effectively. The Method : research is R&D (Reseach and Development )that is development product as thematic learning for students of grade 1 of elementary school.Techniques of collecting data used observation and questionnaire in which analysize techniques data used statistical descriptions than converted into qualitative data.Research subjects are students of grade 1 elementary school in twenty two elementary school at Purworejo. The data obtained were analyzed using qualitative descriptive statistics. All results of tests on a limited scale and large-scale test of interest in the product of the average learner 99.23, acceptability of the product average teacher 86.10 (Good), enforceability of cognitive assessment an average of 97 , 19, affective average of 86.51 and psychomotor average of 86.45. Acceptability of products produced average values obtained 90,77, the enforceability of the average value of 89,57. Conclusions that  development of thematic learning material of physical education sport and health for elementary grade 1 can to receive with very good and can enforceability with good.