Sumbangan Daya Ledak Otot Tungkai, Kekuatan Otot Perut dan Otot Lengan terhadap Kemampuan Jump Service Bola Voli (pada Klub Bhayangkara Muda Purwodadi)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anggun Putri indah Sari
Nasuka Nasuka

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada sumbangan sumbangan daya ledak otot tungkai, kekuatan otot perut, dan kekuatan otot lengan terhadap jump service pada pemain bola voli putra klub bola voli Bhayangkara Muda Purwodadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah pemain putra klub bola voli Bhayangkara Muda Purwodadi usia 15-18 tahun sebanyak 18 anak. Seluruh sampel dilakukan dengan pemberian tes dan pengukuran melalui unsur kebugaran jasmani. Hasil penelitian diperoleh rhitung sebesar 0,706. Uji keberartian korelasi tersebut dilakukan dengan cara mengkonsultasikan harga rhitung dengan r tabel product moment. Pada n = 5% dengan n = 18 diperoleh harga rtabel sebesar 0,444. Karena harga rhitung (0,706) lebih besar dari rtabel = 0,444. Uji keberartian dari koefisien korelasi nilai Fhitung = 4,644 dengan signifikansi 0,019 < 0,05. Simpulan dalam penelitian ini ada sumbangan daya ledak otot tungkai, kekuatan otot perut, dan kekuatan otot lengan terhadap jump service bola voli pada pemain bola voli putra klub bola voli Bhayangkara Muda Purwodadi Tahun 2021. Saran dalam penelitian ini adalah bagi pemain dan pelatih klub bola voli Bhayangkara Muda untuk melatih daya ledak otot tungkai, kekuatan otot perut, kekuatan otot lengan, dan kemampuan jump service.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ahmadi, N. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Yogyakarta: Era Pustaka Utama.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Frasilianto, D. (2009). Sumbangan Daya Ledak Otot Tungkai, Otot Lengan dan Kelentukan Pergelangan Tangan Terhadap Jumpin Serve. UNNES, 1-20.
Khoerul Anam, N. T. (t.thn.). Klub Bola Voli Putra Ivokas Kabupaten Semarang.
Nasuka. (2019). Permainan Bola Voli Prestasi. Semarang: LPPM Universitas Negeri Semarang.
PBVSI, P. (2017). Peraturan Resmi Bola Voli. Jakarta: PBVSI.
Sajoto, M. (1995). Pengembangan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta: Dahara Prie.
Viera, B. L. (2004). Belajar Bermain Bola Voli. Jakarta: Pionir Jaya.