Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar PJOK pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas VIII SMPN 2 Karawang Barat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wahyudha Ikhlas Sodry
Rahmat Iqbal
Ine Rahayu Purmaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar PJOK pada pembelajan daring siswa kelas VIII SMPN 2 Karawang Barat. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasi dan ex post facto untuk mengetahui sebuah hubungan menggunakan angket sebagai instrumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII  SMPN 2 Karawang Barat yang berjumlah 40. Untuk mengambil data menggunakan google form yang disebarkan ke dalam grup WhatssApp kelas. Karena dalam penelitian ini angket atau kuesioner sebagai bukti dari segala kegiatan yang dilaksanakan pada penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan koefisien korelasi sebesar 1,000 > r tabel 0,312 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dengan tingkat hubungan kuat. Koefisieni (r2) sebesar 56,6%, hal ini menunjukan perhatian orang tua berpengaruh 10% pada hasil belajar siswa dan dipengaruhi faktor-faktor lain seperti gaya belajar, motivasi belajar, kesulitan belajar, dan lain- lain.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmalaksana, D. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 3.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Herawati, F., Purwani, R., & Ratnasari, F. (2021). HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA-SISWI DI MA AL-ISTIQOMAH KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2020. Nusantara Hasana Journal, 1(2), 46–55.
Keskin. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 3.
Koyimah, E., & others. (2016). HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJARIPS PADA SISWA KELAS V SDNDIGUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN SEMARANG. Universitas Negeri Semarang.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110.
Kustawan, D. (2013). Analisis hasil belajar. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media, 15.
Maulana, M., Ismaya, B., & Hidayat, A. S. (2020). Minat Siswi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam Lantai Sman 1 Cikampek. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1).
Mawarsih, S. E., Hamidi, N., & others. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).
Mulyanti. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 4.
Novita, L., & Agustina, A. (2018). Bimbingan Orang Tua Dengan Disiplin Siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–14.
Ormrod, J. E. (2016). Pisikologi Pendidikan: membantu siswa tumbuh dan berkembang. Erlangga.
Prastyo, G. M., Kurniawan, F., Resita, C., Xii, C., Nurul, M. A., & Olahraga, J. L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Ma Nurul Huda. 1(August), 60–65.
Purwanto. (2016). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahayu, E. T. (2016). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani. In Bandung: Alfabeta. Bandung.
Sudjana), B. (dalam. (2010). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL KARTU ALJABAR DI SMP NEGERI 52 PALEMBANG. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 22–2.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta (p. 7). Bandung: Alfabeta.
Suryabrata. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 14.
Umami, A. (2017). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. IAIN Metro.
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).