Pengaruh Wall Shoot dan Mistar Shoot terhadap Shooting Free Throw Wijayakusuma Basketball Academy Cilacap Tahun 2021

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nizar Mahfudz Azkal Azkiya
Priyanto Priyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana latihan wall shoot dan mistar shoot terhadap shooting free throw pemain bola basket Wijayakusuma Basketball Academy Cilacap Tahun 2021. Metode penelitian ini adalah eksperimen (kuantitatif). Desain untuk penelitian ini menggunakan True Experiments dengan bentuk Pre-test and Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pemain basket putra Wijayakusuma Basketball Academy tahun 2021, Kabupaten Cilacap, yang berjumlah 12 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yang berjumlah 10 pemain. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh latihan wall shoot pada shooting free throw pemain bola basket Wijayakusuma Basketball Academy; (2) terdapat pengaruh latihan mistar shoot pada shooting free throw pemain bola basket Wijayakusuma Basketball Academy; (3) latihan shooting dengan mistar shoot lebih baik dibandingkan dengan wall shoot terhadap hasil free throw pada pemain bola basket Wijayakusuma Basketball Academy. Terkait dengan simpulan, saran dari penelitian ini, yaitu pelatih dapat menerapkan latihan wall shoot dan mistar shoot karena latihan ini mudah untuk diterapkan, serta meningkatkan keefektifan shooting free throw.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Creswell, J. W. (2016). Education Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research Fourth Edition. Boston: Pearson.
Evwina, T. N, (2011). Perbedaan Latihan Free Throw One Hand Set Shoot Antara Jarak Tetap dan Bertahap terhadap Hasil Free Throw pada Club Bola basket Putra Asba Ambarawa Tahun 2011. SKRIPSI. FIK UNNES.
Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahraagaan Nasional.
PERBASI. (2008). Peraturan Resmi Bola Basket. Jakarta: Perbasi.
Sembiring, S. (2008). Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Republik Indonesia Tentang Keolahragaan. Bandung: Nuansa Aulia.
Sodikun, I. (1992). Olahraga Pilihan Bola Basket. Jakarta: Depdiknas.
Wissel, H. (2000). Basketball Steps to Success. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.