Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Selama Masa Pandemi di Sekolah Luar Biasa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Gansar Santi Wijayanti
Cahyo Yuwono
Ricko Irawan
Endang Sri Hanani

Abstract

Pendidikan jasmani adaptif merupakan bagian dari pendidikan secara umum sebagai salah satu bentuk dari pendidikan secara keseluruhan yang memiliki tujuan untuk mengasah potensi diri siswa yang berkebutuhan khusus dalam mencapai tujuan pendidikan melalui aktivitas gerak fisik. Masa pandemi yang berkepanjangan ini membuat guru pendidikan jasmani adaptif di sekolah luar biasa juga harus mampu menyesuaikan diri dengan cepat. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis secara langsung pembelajaran pendidikan jasmani adaptif yang dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani selama masa pandemi di Sekolah Luar Biasa. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di 10 Sekolah Luar Biasa yang berda di Provinsi Jawa Tengah. Instrumen yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan data collection, data reduction, data display, dan conclusion data. Hasil dari penelitian ini adalah semua sekolah luar biasa telah menggunakan metode pemebelajaran daring. Semua guru mampu beradaptasi dengan cepat pada masa pandemi covid 19. Sehingga semua siswa tetap mendapatkan pembelajaran walaupun mereka berada di rumah masing-masing.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ambarsari, R. Y. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Bulukerto Wonogiri. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 8(1), 28-35.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.
Jauhari, M. N., Mambela, S., & Zakiah, Z. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran penjas adaptif di Sekolah Luar Biasa. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(1), 63-70.
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190-199.
LUSIANTI, S., KHOLIS, M. N., & PUSPODARI, P. (2019). Profil Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Anak Tunawicara Di Sdlb Se-Kabupaten Kediri.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422-438.
Nurkusuma, T. W. (2017). Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V Sdn Babatan 5 Kecamatan Wiyung Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(1).
Pritchard, A. (2017). Ways of learning: Learning theories for the classroom. Routledge.
Rahmatunnisa, S., Mujtaba, I., & Alfiyanti, A. R. (2020, October). Strategi Pendidik Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Kelompok B KB/TK Al-IKHLAS. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 66-71.
Rohani, R. (2019). Media pembelajaran.
Sihes, A. J. (2011). Konsep Pembelajaran. Diunduh dari: http://eprints. utm. my/id/eprint/id/file/180566.
Taufan, J., Ardisal, A., Damri, D., & Arise, A. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak dengan Hambatan Fisik dan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 19-24.
Wredyantoro, B. (2019). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF, AKTIVITAS OLAHRAGA, DAN SISTEM PENILAIAN ANAK TUNARUNGU DI SLB B SE-KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2019 (Doctoral dissertation, UNNES).
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).