PEMANFAATAN PEMUTARAN MUSIK TRHADAP PSIKOLOGIS PASIEN PADA KLINIK ELLENA SKIN CARE DI KOTA SURAKARTA

Main Article Content

niswati khoiriyah
Syahrul Syah Sinaga

Abstract

SARI


 


Khoiriyah, niswati. 2017. Pemanfaatan pemutaran musik terhadap psikologis pasien pada pada klinik ellena skin care di kota surakartaâ€. skripsi, jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing IDrs. Syahrul Syah Sinaga, M.Hum., Dosen Pembimbing II Dr. Udi Utomo, M.Si.


kata kunci pemanfaatan musik, psikologis.                              


 


Dalam hal ini musik musik dengan berbagai ragamnya tidak hanya berfungsi sebagai hiburan saja, melainkan musik dapat dimanfaatkan dalam berbagai tujuan, seperti fasilitas yang diberikan oleh klinik Ellena sincare. Oleh karena itu permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana pemutaran musik pada saat proses perawatan kecantikan dan  tanggapan pasien terhadap kenyamanan berdasarkan pemutaran jenis musik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pemanfaatan musik di klinik Ellena skincare. Manfaat dari penelitian ini terdiri manfaat teoritis dan praktis terutama bagi owner klinik ellena skincare.


Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di klinik Ellena skincare Surakarta. Adapun sasaran penelitian mengenai pemanfaatan musik terhadap psikologis pasien di klinik Ellena skincare. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan  observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Tehnik pemeriksaan keabsahan data dilakukan menggunakan trianggulasi data. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan kemudian verikasi.


Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan musik dapat memberikan stimuli yang positif  bagi pasien yang telah melakukan perawatan kecantikan di klinik ellena skincare. Pemilihan musik di klinik kecantikan tersebut tergolong mencakup segala umur, jenis lagunya dari lawas sampai modern. Jenis musik yang dipilih oleh owner  yaitu musik pop dan instrumental yang bertempo lambat. Dari kedua jenis musik tersebut banyak disukai  oleh pasien-pasien klinik elena skincare surakarta, selain musiknya mudah didengar dan dipahami juga memberikan rasa relaks terhadap pasien. Para pasien klinik ellena skincare sudah membuktikan bahwa musik mempunyai manfaat terhadap psikologis pasien. Terutama aspek emosional pasien, bahwa pasie mengalami perubahan setelah melakukan perawatan. Tempo lagu yang diputarkan di klinik tersebut antara 50-70 bpm. Dapat diartikan lagu-lagu tersebut dinyanyikan dalam satu menit terdiri dari 50 ketukan untuk lagu yang bertempo 50 bpm. Hasil yang dirasakan pasien setelah melakukan perawatan kecantikan dengan diiringi musik, pasien merasa fresh dan relaks kembali.


Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan kepada owner klinik ellena skincare diharapkan untuk melanjutkan pemanfaatan musik sebagai salah satu media untuk membantu pasien merelaksasikan diri. Karena pemanfaatan musik tersebut cukup membantu pasien merasa nyaman pada saat melakukan perawatan.

Article Details

How to Cite
khoiriyah, niswati, & Sinaga, S. (2018). PEMANFAATAN PEMUTARAN MUSIK TRHADAP PSIKOLOGIS PASIEN PADA KLINIK ELLENA SKIN CARE DI KOTA SURAKARTA. Jurnal Seni Musik, 6(2). https://doi.org/10.15294/jsm.v6i2.20313
Section
Articles