KESENIAN KENTONGAN PUDANG SATRIA (KAJIAN KREATIVITAS MUSIK DAN ARANSEMEN LAGU) DESA MEJINGKLAK BANYUMAS

Main Article Content

Kuncoro Prasetyo
syahrul syah sinaga
eko raharjo

Abstract

Grup kentongan pudang satria masih eksis hingga saat ini karena mereka menggunakan aransemen musik yang tidak biasa dibandingkan dengan kebanyakan grup kentongan yang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Desa Mejingklak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas. Objek penelitian adalah grup kentongan Pudang Satria di Desa Mejingklak, sedangkan Sasaran Penelitiannya adalah segenap anggota grup Kentongan Pudang satria di Desa Mejingklak Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kreativitas yang dilakukan oleh grup Kentongan Pudang Satria terletak pada pembawaan lagu, perpindahan lagu satu ke lagu berikutnya dalam satu permainan, dan penambahan melodi pada bagian intro. Tahap aransemen lagu yaitu menambah beberapa melodi dengan penambahan sederhana agar memberikan kesan ciri khas pembeda dari melodi aslinya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan proses kreativitas dan aransemen grup kentongan Pudang Satria sudah berjalan dengan baik dalam kreativitas dan aransemennya.

Article Details

How to Cite
Prasetyo, K., sinaga, syahrul, & raharjo, eko. (2019). KESENIAN KENTONGAN PUDANG SATRIA (KAJIAN KREATIVITAS MUSIK DAN ARANSEMEN LAGU) DESA MEJINGKLAK BANYUMAS. Jurnal Seni Musik, 7(1). https://doi.org/10.15294/jsm.v7i1.26006
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>