MANAJEMEN PERTUNJUKAN DAN DAMPAK PSIKOLOGI SOSIAL KOMUNITAS MUSIK JAZZ NGISORINGIN DI SEMARANG

Main Article Content

Lilik Andriawan
Totok Sumaryanto F
kusrina widjajantie

Abstract

 


Pada pengamatan sementara, Komunitas Musik Jazz Ngisoringin, merupakan sebuah perkumpulan yang konsisten mewadahi masyarakat untuk mengembangkan kemampuan dalam hal bermain musik bergenre Jazz, dengan maraknya aksi kriminalitas dan pergaulan bebas yang dilakukan oleh oknum masyarakat dibeberapa wilayah pesisir dan perkotaan di Kota Semarang,  memunculkan ide kreatif dari Komunitas Musik Jazz Ngisoringin untuk menyelenggarakan sebuah pertunjukan dengan nama Festival Loenpia Jazz yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan mendeskripsikan manajemen organisasi dan manajemen pertunjukan Komunitas Musik Jazz Ngisoringin (2) Mengetahui dampak psikologi sosial dengan keberadaan Komunitas Musik Jazz Ngisoringin (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang ada pada Komunitas Musik Jazz Ngisoringin.


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara tersruktur dan studi dokumen yang dapat dipahami pewawancara dalam menetapkan sendiri masalah dan pertanyaan yang akan diajukan, teknik keabsahan data dalam penelitian ini peneliti menetapkan kriteria Credibility dengan menggunakan teknik triangulasi dan menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat khususnya pemuda lebih memahami dan mengerti arti pentingnya kegiatan positif baik antar anggota, maupun lingkungan sekitar. Serta dengan adanya berbagai bentuk sajian pertunjukan Komunitas Musik Jazz Ngisoringin memberikan dampak psiokologis sosial pada masyarakat yang mengarah pada perubahan perilaku masyarakat yang lebih baik.


Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Komunitas Musik Jazz Ngisoringin tidak memiliki struktur organisasi yang mengikat namun memiliki steering komite yang berfungsi sebagai dewan pertimbangan keputusan. (2) Dampak psikologi yang dirasakan oleh masyarakat Kota Semarang yaitu mulai berkurangnya aksi kriminalitas yang dilakukan oleh remaja serta berkurangnya gelandangan, pengemis dan preman dikawasan yang pernah menjadi lokasi penyelenggaran pertunjukan Komunitas Musik Jazz Ngisoringin. (3) Faktor Komunitas Musik Jazz Ngisoringin adalah kekompakan pengurus dan anggota, serta pengelola tempat kegiatan yang mendukung adanya pertunjukan Komunitas Musik Jazz Ngisoringin, Faktor penghambat yaitu jumlah sumber daya manusia yang sudah memiliki kesibukan lain.

Article Details

How to Cite
Andriawan, L., F, T., & widjajantie, kusrina. (2019). MANAJEMEN PERTUNJUKAN DAN DAMPAK PSIKOLOGI SOSIAL KOMUNITAS MUSIK JAZZ NGISORINGIN DI SEMARANG. Jurnal Seni Musik, 7(2), 92-105. https://doi.org/10.15294/jsm.v7i2.27593
Section
Articles
Author Biography

Totok Sumaryanto F, Universitas Negeri Semarang

Prof. Dr. Totok Sumaryanto F, M.Pd.