PERMAINAN TRADISIONAL YANG MENGGUNAKAN LAGU DI KABUPATEN KENDAL KAJIAN BUDAYA

Main Article Content

MS Viktor Purhanudin

Abstract

Permainan tradisional yang menggunakan lagu di Indonesia kini mulai mengalami krisis eksistensi padahal di dalamnya berisi muatan kebijaksanaan lokal yang penuh makna dan nuansa pendidikan anak, namun di kabupaten kendal permainan tersebut masih eksis dan di mainkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsiskan bagaimana jenis dan bentuk permainan tradisional yang menggunakan lagu di kabupaten kendal serta mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana aspek budaya yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pengamatan, wawancara, dan studi pustaka.Analisa data menggunakan teknik triangulasi data dengan model etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga jenis dan bentuk permainan tradisional yang menggunakan lagu yang masih eksis dan dimainkan yaitu cublak – cublak suweng, dan jamuran,   berdasarkan anilisi budaya terdapat aspek nilai – nilai budaya yang  penuh dengan pesan pendidikan, kerakyatan, religi dan perjuangan. Aspek budaya inilah  yang membuat permainan tradisional yang menggunakan lagu bermakna dalam kehidupan masyarakat kabupaten Kendal.

 


Article Details

How to Cite
Purhanudin, M. (2013). PERMAINAN TRADISIONAL YANG MENGGUNAKAN LAGU DI KABUPATEN KENDAL KAJIAN BUDAYA. Jurnal Seni Musik, 2(2). https://doi.org/10.15294/jsm.v2i2.9489
Section
Articles

References

Adi Sam, T. (2011). PERMAINAN ANAK YANG MENGGUNAKAN NYANYIAN (Kajian Wilayah: Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi). Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 10(2). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v10i2.57

Ambarwangi, S., & Suharto, S. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN SENI TRADISI. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 13(1).
doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v13i1.2535

Ardan.Permainan Betawi. Jakarta: Forum Budaya Betawi. 2004
Banoe, Pono, Pengantar Pengetahuan Alat Musik, Jakarta : CV. Baru, 1984.

Bambang Sokawati Dewantara,. Ki Hadjar Dewantara, Ayahku. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1989.

Bronson, Martha B. The Right Stuff For Children Birth to 8. Selecting Play Materials To Support Development. Washington: National Association for the Education. 1995.

Dorothy M. Jeffree, Roy McConkey, Simon Hewson. Let Me Play. Canada: Humen Horizons Series. 1994.

Education Department Of Victoria. A Guide To Music In The Primary School, 1981.

Harmoyo dkk., Pendidikan Seni Musik. Jakarta: Aries Lima, 1991.
Jamalus. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Proyek Pengembangan Lembaga Tenaga Kependidikan, Dirjen DIKTI, DEPDIKBUD, 1989.

Karl, Edmund Prier Sj. Sejarah Musik Jilid 1. Jogjakarta: Pusat Musik Liturgi, 1991.

Linda Campbell dkk Teaching and Learning Through Multiple Intelligencies, Terjemahan 2002

Lindan Campbell, Bruce Campbell and Dee Dickinson, Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan, Depok:Inisiasi Press, 2002.

Liang Gie, The..Filsafat Keindahan. Yogyakarta: PUBIB. 2004

Lwin, May. Adam Khoo, Kenneth Lyen, Caroline Sim. (2008) Cara Mengem-bangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: PT Indeks.

Munandar, S.C Utami (Penyunting), Bunga Rampai Anak–anak Berbakat: Pem-binaan dan Pendidikannya. Jakarta: Rajawali, 1982.
Moleong , Lexy J. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya.

Pamela J. Wolfberg. Play and Imagination in Children Whit Autism. New York and London: Colombia University.1999.

Rohidi, T. R., Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan, STSI Bandung, Bandung, 2000.

Suharto, S. (2011). PENGEMBANGAN MATERI DAN KEGIATAN PEMBELAJARANNYA DALAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN BIDANG SENI MUSIK. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 8(3). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v8i3.780

Kusumadewi, L., & Suharto, S. (2011). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL MELALUI METODE BERVARIASI. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 10(2). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v10i2.63

Suharto, S. (2013). PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PENDIDIKAN SENI MUSIK DI SEKOLAH KEJURUAN NON SENI. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 12(1).

doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v12i1.2221
Sumaryanto, Totok. Tes Bakat Musik Anak Sekolah Dasar.Laporan Penelitian.Semarang : IKIP Semarang Press. 2002

Sumaryanto, Totok F. 2012. Kajian dan Pemberdayaan Seni Pertunjukan Tradisional Jawa Tengah dalam Mendukung Konservasi Budaya.Makalah.Disampaikan pada Seminar ‘Menggagas Konservasi Budaya FBS Unnes’, 11 Desember 2012.

Teknologi Dalam Permainan Anak. Buletin Anak Edisi No. 35 Tahun X Pebruari 2000

Tuti Tarwiyah. “ Lagu Klasik Betawi ’(Lagu Dalem)’:Suatu kajian tentang Keberadaan, Karakteristik, dan Kiat-kiat Mempelajarinya Nilai-nilai Musik Betawi” Laporan Penelitian. Jakarta: FBS Universatas Negeri Jakarta, 2008

WIDODO. LELAGON DOLANAN ANAK DAN PENDIDIKAN KARAKTER. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, [S.l.], v. 10, n. 2, Apr. 2011. ISSN 2355-3820. Available at: . doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v10i2.62.