PEMBINAAN MUSIK GAMBANG KROMONG SEBAGAI SENI PERTUNJUKAN WISATA BUDAYA DI PERKAMPUNGAN BUDAYA BETAWI

Main Article Content

Didin Supriyadi

Abstract

Pene;litian ini untuk mengetahui bagaimana Pembinaan Musik Gambang Kromong Untuk Seni Pertunjukan Wisata Budaya Di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Srengseng Sawah Jakarta Selatan.  Penelitian ini bersifat kualitatif sebab menghasilkan data deskriftif yang memaparkan data kata-kata dan kegiatan yang diamati sesuai fakta yang akurat secara sistematis. Data deskriftif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Analisis dilakukan dengan model interaktif dari Miles dan Guberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkampungan Budaya Betawi dibangun oleh Pemda DKI atas usulan masyarakat betawi yang digagas oleh para tokoh-tokoh yang peduli pada seni budya mulai dari budayawan, seniman, dan tokoh masyarakat Betawi yang mempunyai multi fungsi yaitu sebagai permukiman, pembinaan dan pelestarian seni budaya, dan tempat sarana wisata. Ada beberapa Kesenian Betawi yang dibina di Perkampungan Budaya Betawi seperti : seni musiK tradisi, seni tari, dan penca silat. Kegiatan pembinaan musik gambang kromong ditempat Perkampungan Budaya Betawi ini adalah salah satu usaha pemerintah dan masyarakat DKI Jakarta yang sangat baik. Dengan kegiatan pembinaan musik.

 

Kunci: Gambang Kromong, Budaya betawi, wisata budaya

Article Details

How to Cite
Supriyadi, D. (2013). PEMBINAAN MUSIK GAMBANG KROMONG SEBAGAI SENI PERTUNJUKAN WISATA BUDAYA DI PERKAMPUNGAN BUDAYA BETAWI. Jurnal Seni Musik, 2(2). https://doi.org/10.15294/jsm.v2i2.9492
Section
Articles

References

Miles, Matthew B. dan A. Michel Huberman 1994. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.
Rohidi, T.T. 2002. ”Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan” STISI. Bandung. 2000, Makalah Bahan Ajar Perkuliahan di Pascasarjana UNNES Program Studi Pendidikan Seni.
Supanggah, Rahayu, 2002, BOTHEKAN Karawitan I, Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia [MPSI] Gedung PKJ. TIM. Jakarta
Soedarsono. 1999. Seni Pertunjukan Kesenian Indonesia dan Pariwisata. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI).
Rachmat, Syamsudin.1999. Petunjuk Praktis Latihan Dasar Bermain Musik Gambang Kromong. Jakarta: Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.
Suparlan, P. 1984 Manusia, Kebudayaan dan Lingkungannya: Jakarta C.V. Rajawali.
Samover, Larry A, Richard E. Porter, Nemi C. Janin 1978. Understanding Intercultural Communication, Belmont : Wadsworth Publishing Company.
Koentjaraningrat. 1985. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta : Fa. Aksara Baru IKPI
Yahya, Andi Saputra, dkk. 2009. Profil Seni Budaya Betawi. Jakarta: City Government Tourism & Culture Office