Abstract

Abstrak


___________________________________________________________________Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk pertunjukan yang terkandung di dalam  pertunjukan Jaran Kepang Papat di Dusun Mantran Wetan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan triangulasi yaitu gabungan antara observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data bersifat induktif, serta teknik keabsahan data, ketekunan pengamatan, reduksi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pertunjukan pada kesenian Jaran Kepang Papat dapat dilihat melalui elemen-elemen pertunjukan yaitu lakon, pemain atau pelaku, gerak, musik, tata rias, tata busana, tempat pementasan, properti, sesaji, dan penonton. Pemain atau pelaku Jaran Kepang Papat merupakan seluruh anggota yang berjumlah 16 orang yang semua pemain merupakan laki-laki dan satu garis keturunan, sedangkan penari Jaran Kepang Papat yang berjumlah empat orang menjadi ciri khas tersendiri pada setiap pertunjukannya. Gerak perangan merupakan gerak puncak pada pementasan, karena biasanya salah satu penari ada yang mengalami kerasukan.


 


Kata Kunci : Bentuk Pertunjukan, Jaran Kepang Papat, Penari Hanya Empat, Satu Garis Keturunan.


 


Abstract


___________________________________________________________________This study aims to investigate the form of a show which was contained in Jaran Kepang Papat performance in Mantran Wetan Village. Qualitative method wasemployed in this study. Data collection techniques used triangulation which combines observation, interview, and documentation, data analysis was inductive/qualitative and data validity technique, perseverance observation, data reduction, data verification, and conclusion. Qualitative research results further emphasized the significance of the generalization. The findings showed that the form of the show of Jaran Kepang Papat performance could be seen through the elements of the show, they were the act, players or actors, motion, music, make-up, fashion, stage, properties, offerings, and the audience. The total player of Jaran Kepang Papat which concicted of 16 men and in one lineage with, although four Jaran Kepang Papat dancers became its own characteristics on Jaran Kepang Papat performance. Perangan motion was a peak motion in the performance , because there was one of the dancers who usually have possessed. Jaran Kepang Papat performance was held at saparan or bersih desa celebration, nadzar or a promise which was said when recovering  from illness, graduating school, and repaing windfall, and performed at the Festival of the five mountains.


 


Keyword : Performance’s form, Jaran Kepang Papat,Only Four Dancer, One Lineage