Tari Hadrah Sebuah Kajian Nilai Islami Pada Grup "Laskar Baabul Mustofa" Di Desa Bulusari Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes

  • Irna Tri Oktiana Universitas Negeri Semarang
  • Indriyanto Indriryanto

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menjelaskan tentang bentuk pertunjukan tari Hadrah dan nilai Islami pada pertunjukan tari Hadrah grup “Laskar Baabul Mustofa” di Desa Bulusari Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, struktur koreografi, dan etik dan emik, dengan fokus penelitian nilai Islami pada pertunjukan tari Hadrah grup “Laskar Baabul Mustofa” di Desa Bulusari Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Teknik  pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mengenali dan mendeskripsikan komponen-komponen pertunjukan tari, memahami hubungan antara komponen pertunjukan, dan melakukan interpretasi berdasarkan konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk pertunjukan tari Hadrah dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pembuka, bagian inti, dan bagian penutup. Nilai Islami  pada tari Hadrah dapat dilihat melalui aspek visual dan aspek auditif. Aspek visual meliputi gerak, pelaku, tata rias, tata busana, tempat pertunjukan, tata lampu, tata suara, properti, dan penonton. Sedangkan aspek auditif terdiri dari instrumen musik dan syair. Dari aspek-aspek tersebut terdapat bentuk pertunjukan dan mengandung nilai Islami bagi pelakunya dan bagi masyarakat pendukungnya.

Kata kunci: Tari Hadrah, Bentuk Pertunjukan, Nilai Islami      

Abstract

The purposes of this study are to know, describe, and explain the form of  Hadrah dance performance and Islamic value on Hadrah group dance performance named “Laskar Baabul Mustofa” at Bulusari Village Bulakamba District Brebes Regency. The approaches used in this study are descriptive qualitative, choreography structure, and ethic and emik, focusing on Islamic value on Hadrah group dance performance named “Laskar Baabul Mustofa” at Bulusari Village Bulakamba District Brebes Regency. The techniques of data collection are observation, interviews, and documentation. The analysis of the data by recognizing and describing the components of dance performance, understanding the relationship of the components of dance performance, and interpretation based on the concept. The results of the study show that the forms of Hadrah dance performance are divided into three forms such as opening, main part, and closing. The Islamic value on Hadrah dance could be seen through visual aspects and auditive aspects. The visual aspects are motion, dancer, makeup, dressing, the place of performance, lighting, sound systems, property, and audience. While the auditive aspects are musical instruments and poetry. From those aspects contain performance form and Islamic value for the dancers and for the supporting community.            

Keywords: Hadrah  Dance; Performance; Islamic value

 

 

 

 

Published
2018-11-20