Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik yang belum mampu memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran Seni Tari pada kompetensi dasar mengekspresikan jenis tari daerah setempat. Permasalahan disini adalah bagaimana metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kreativitas tari  di kelas 8 H SMP Negeri 1 Taman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas†(classroom action research), karena itu maka pengambilan data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pra siklus/ kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Dengan menggunakan metode Drill maka kegiatannya dimualai dengan : perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observation), menganalisi data untuk mengetahui sejauh mana kelebihan dan kelemahan tindakan tersebut (refleksi). Hasil penelitian hasil belajar seni tari kompetensi dasar mengekspresikan jenis tari daerah setempat di kelas 8H SMP Negeri 1 Taman.. Hasil penelitian observasi peserta didik dalam proses pembelajaran tidak tegang, tidak takut, dan lebih percaya diri, serta bisa menerima siapapun yang menjadi kelompok kerja/tim, interpersonalnya meningkat, aktif dan bisa bekerja sama, toleransi sehingga tepat waktu dalam mengerjakan tugas.

 

This research is motivated learners who have not been able to meet the completeness criteria Minimal ( KKM ) for Dance subjects on the basis of competence to express the type of local dance
Based on the above issues : Is the Drill method can improve the learning outcomes of students in learning dance in 8th grade Junior High School 1 H Park.The method used in this study were used in this study is a " Research Class Action " (classroom action research) , because it was then the data collection is done in several stages of pre cycle / initial conditions , the first cycle and second cycle . By using the Drill dimualai activities with : planning ( planning) , execution ( action ) , data collection ( observation) , analyzed the data to determine the extent of the pros and cons of the action (reflection) .The results of the study results to learn the art of dance to express the type of basic competency in the local dance class 8H 1 Park Junior High School .  . The results of observational studies of learners in the learning process is not tense , not fear , and more confident , and could not accept anyone into working groups / teams , increased interpersonal , active and able to work together , so that the tolerances on time in doing the task.