Abstract

ABSTRAK

SD Negeri 1 Karangsari merupakan sekolah yang memiliki materi Tari Kupu-kupu yang diajarkan menggunakan metode demonstrasi dan imitatif. Tujuan penelitian ini adalah Menjelaskan dan mendiskripsikan proses pembelajaran tari kupu-kupu pada siswa kelas I SD N 1  Karangsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini adalah Pembelajaran Tari Kupu-kupu pada siswa kelas I SD Negeri 1 Karangsari Kecamatan Punggelan terdiri dari beberapa komponen yaitu guru, siswa, bahan ajar, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, alat pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, sumberbelajar, evaluasi. Pembelajaran dilakukan melalui tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pra pembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Hasil yang diperoleh dari proses pembelajaran Tari Kupu-kupu pada siswa kelas I SD Negeri 1 Karangsari Kecamatan Punggelan dikatagorikan menjadi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Aspek kognitif dilihatdari kemampuan siswa dalam mengingat, menghafal, dan memahami tarian. Aspek afektif meliputi tingkat mengenal gerak tari, merespon, menghargai. Aspek psikomotorik dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menirukan gerak, ketepatan dalam gerak, merangkaikan gerak dan melakukan gerak secara wajar.