Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : ditemukannya model bimbingan kelompok melalui kegiatan kepramukaan untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas VII. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan langkah-langkah sebagai berikut : (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba terbatas, (7) revisi hasil uji coba terbatas. Hasil uji coba model bimbingan kelompok melalui kegiatan kepramukaanyang telah dikembangan, efektif dan dapat meningkatkan kemandirian siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan score pre test terhadap post test pada skala kemandirian kelompok treatment dan kelompok control secara umum37,63  (66,25 – 28,62). Konselor yang aktif dalam kepramukaan disarankan melakukan bimbingan kelompok melalui kegiatan kepramukaan karena efektif dapat meningkatkan kemandirian siswa.  Selanjutnya bimbingan kelompok melalui kepramukaan perlu diujicobakan di sekolah lain.

 

Abstract

___________________________________________________________________

The purpose of this study was to: the discovery of group counseling models through scouting activities to increase the independence of class VII. The method used is the Research and Development with the following steps: (1) preliminary studies, (2) planning, (3) product design, (4) validation of the design, (5) revision of the design, (6) limited testing, (7) revision of the test results is limited. Modeling work group counseling through kepramukaanyang has been cultivated, and can effectively improve the students' independence. This is evidenced by the increase in pre-test scores to post-test on the independence scale treatment group and the control group umum37, 63 (66.25 to 28.62). Counselors are active in Scouting suggested doing group counseling through scouting activities as effectively to increase student independence. Further guidance through scouting group need to be tested in other schools.