Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pelaksanaan bimbingan kelompok di SMK Negeri Kota Kupang, (2) mendeskripsikan tingkat kematangan karir siswa di SMK Negeri Kota Kupang, (3) menghasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK Negeri Kota Kupang, dan    (4) menganalisis keefektifan model. Desain yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Sebanyak 10 siswa terlibat sebagai  sampel penelitian yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa: (1) layanan bimbingan kelompok sudah dilaksanakan di SMK Negeri  Kota Kupang, namun belum optimal, (2) tingkat kematangan karir siswa SMK Negeri  Kota Kupang  sebesar 31% (kategori sedang), (3) dihasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK Negeri Kota Kupang, (4) model layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan kematangan karir. Peningkatan tersebut terjadi pada semua aspek kematangan karir. Ini berarti model bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan kematangan karir siswa.

The objectives of this research were: (1) to analyze the implementation of group guidance in SMK Negeri Kota Kupang, (2) to describe and classify the level of career maturity of students in SMK Negeri Kota Kupang, (3) to produce a model of group guidance with modeling techniques to enhance the career maturity of students SMK Negeri Kota Kupang, (4) to analyze the effectiveness of the model. A research design of Research and Development (R & D) was applied ini present study with involving a total sample of 10 students selected using purposive sampling. The results showed that: (1) the group guidance service has been implemented in SMK Negeri Kota Kupang, but still has an misperception in the concept and practice of group guidance. (2) the careers maturity level of SMK Negeri Kota Kupang students were 31% (medium category). (3) this study produce the group guidance models with modeling techniques to enhance the career maturity of SMK Negeri Kota Kupang students, (4) the model was implemented in an experiment session and the results showed that every aspect of career maturity has increased significantly and the model fo group guidance services with modeling techniques is effective to increase the career maturity.