Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) hubungan kecerdasan emosional dengan adaptabilitas karir; (2) hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar; (3) hubungan adaptabilitas karir dengan prestasi belajar; (4) hubungan kecerdasan emosional dan prestasi belajar pada mahasiswa yang dimediasi adaptabilitas karir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa tahun pertama FIP Unnes tahun ajaran 2015/2016, dengan teknik sampling random sampling dan besar sampel (n=170). Metode pengumpulan data menggunakan Wong and Law Emotional Intelligence Scale (WLEIS), Career Adapt-Ability Scale (CAAS), dan indeks prestasi kumulatif. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas konstruk dan isi. Reabilitas instrument penelitian menggunakan koefisien alpha cronbach dengan hasil reliabilitas WLEIS 0,837 dan CAAS 0,911. Analisis mediasi menggunakan teknik bias corrected dengan N= 2000 dan confident interval 95%, dengan software SPSS versi 20 sintaks PROCESS dari Hayes. Hasil riset menunjukkan: (1) ada hubungan signifikan kecerdasan emosional dengan adaptabilitas karir (p < 0,01 dan β = 0,977); (2) ada hubungan signifikan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar (p < 0,01 dan β = 0,010); (3) ada hubungan signifikan adaptabilitas karir dengan prestasi belajar (p < 0,05 dan β = 0,004); (4) Ada hubungan signifikan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa yang dimediasi adaptabilitas karir (efek langsung LLCI= 0,006; ULCI= 0,014).

The purpose of research to determine relationship between (1) emotional intelligence and adaptability career;  (2) emotional intelligence and academic achievement; (3) career adaptability and academic achievement; (4) emotional intelligence and academic achievement who mediated career adaptability. This research is a quantitative correlation. The population was a first year student FIP Unnes in the academic year 2015/2016, with random sampling techniques and sample size (n = 170). The data collection is using Wong and Law Emotional Intelligence Scale (WLEIS), Career Adapt-Ability Scale (CAAS), and grade point average (GPA). The validity using construck dan content validity. Reliability is using an alpha cronbach coefficient for WLEIS IS 0,837 and CAAS 0,911. Analysis mediation using techniques bias corrected with N = 2000 and 95% confident interval, with SPSS software version 20 syntax PROCESS of Hayes.  The research results that there is a significant relationship between: (1) emotional intelligence and career adaptability (p <0.01 and β = 0.977); (2) emotional intelligence and academic achievement (p <0.01 and β = 0.010); (3) career adaptability and academic achievement (p <0.05 and β = 0.004); (4) emotional intelligence and academic achievement whose career adaptability mediated (immediate effect and ULCI= 0.006;  LLCI = 0.014).