Adhriani, V., & Yusra, Z. 2014. Efektifitas Emotional Freedom Techniques (EFT) untuk Menurunkan Kecemasan pada Penyiar Radio Pemula. Jurnal Student Psikologi Universitas Negeri Padang (1): 1-11.
Agustiyana, T., & Awalya. 2016. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Sosiodrama. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 5(2): 8-12.
Andriyani, A., Himma, A., Alizar, S., Amin, Z., & Mulawarman, M. 2017. The Relationship of Anxiety, School Burnout and Well-Being in High School Students. In Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017).
https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.5
Ariani, K. D. P., Suarni, N. K., & Dantes, N. 2016. Pengaruh Konseling Behavioral Teknik Implosif dan Teknik Desensitisasi Sistematis terhadap Kecemasan Berbicara di Depan Kelas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 5(2): 1-9.
Armasari, A. K. D., Nym, D., & Sulastri, M. 2013. Penerapan Model Konseling Behavioral dengan Teknik Desensitisasi Sistematis untuk Meminimalisasi Tingkat Kecemasan dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VIII A2 SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Undiksha 1(1): 24-25.
Boath, E., Stewart, A., & Carryer, A. 2013. Tapping for Success : A Pilot Study to Explore if Emotional Freedom Techniques (EFT) Can Reduce Anxiety and Enhance Academic Performance in University Students. Innovative Practice in Higher Education 1: 1-13.
Corey, G. 2013. Theory & Practice of Counseling & Psychotherapy (8th Ed.). Belmont, CA: Brooks/Cole, Cengage Learning.
Erford, B. T. 2016. 40 Teknik Yang Hrus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fitri, H. U., Wibowo, M. E., & Sunawan. 2017. Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Teknik Kognitif Restrukturing dan Teknik Desensitisasi Sistematis untuk Mereduksi Kecemasan Akademik Siswa SMA Negeri 9 Palembang. Jurnal Bimbingan Konseling.
Gladding, S. 2012. Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: INDEKS.
Isti’adah, F. N. L. 2017. Profil Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research 1(1): 40-49.
Jones, S., Thornton, J., & Andrews, H. 2011. Efficacy of Emotional Freedom Techniques (EFT) in Reducing Public Speaking Anxiety: A Randomized Controlled Trial. Energy Psychology : Theory, Research, & Treatment 3(1): 33-42.
Lianasari, D., & Purwanto, E. 2016. Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 5(1): 1–7.
Marantini, P., Antari, N. N. M., & Dantes, N. 2014. Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Desensitisasi Sistematis untuk Mereduksi Kecemasan Berkomunikasi dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 2(1): 1-9.
McCroskey, J. C. 1970. Measures of Communicationâ€Bound Anxiety. Communication/ Speech Monograph 37(4): 269-277.
http://dx.doi.org/10.1080/03637757009375677
McCroskey, J.C. 2009. Communication Appehention:What We Have Learned in the Last Four Decades. Human Communication 12(2): 179-187.
Nursalim, M. 2013. Strategi & Intervensi Konseling. Jakarta: INDEKS.
Ririn, Asmidir, & Marjohan. 2013. Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. KONSELOR Jurnal Ilmiah Konseling 2(1): 273-278.
https://doi.org/10.24036/02013211203-0-00
Risyadi, H. 2016. Penurunan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Semsester melalui Teknik Desensitisasi Sistematis pada Siswa Kelas X di SMA N 1 Pleret. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling 5(2): 78-86.
Solechah, Wibowo, M. E., & Japar, M. 2016. Efektifitas Konseling Kelompok dengan Teknik Desensitisasi Sistematik untuk Mereduksi Kecemasan Siswa SMP Negeri 19 Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling.
Sutisna, Y., & Tadjri, I. 2016. Keefaktifan Konseling Kelompok Behavioral Teknik Systematic Desensitization Berbantuan Musik Klasik Jawa untuk Mereduksi Communication Apprehension. Jurnal Bimbingan Konseling 5(1): 74-81.
Syafryadin, Nurkamto, Linggar, & Mujiyanto. 2017. The Effect of Speech Training with Systematic Desensitization on Enhancing Students’ Speaking Competence. International Journal of Management and Applied Science (IJMAS) 3(2): 78–83.
Wandira, T. A., & Purwoko, B. 2017. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Emotional Freedom Technique. Jurnal BK UNESA 7(3): 1-7.
Wibowo, M. E. 2017. Profesi Konselor dalam Kurikulum 2013 dan Permasalahannya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan 1(2): 63-85.
http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v1i2.143
Zainuddin, F. A. 2009. Spritual Emotional Freedom Technique (SEFT). Jakarta: PT. Arga Publishing.