Abstract

Bimbingan kelompok berbasis life skilsl untuk meningkatkan konsep diri siswa adalah proses pemberian bantuan yang dilaksanakan oleh guru bk atau pemimpin kelompok kepada siswa melalui suasana kelompok dengan berdasarkan pada nilai-nilai life skills, agar memungkinkan setiap anggota kelompok untuk belajar berpartisifasi aktif dalam suasana yang menyenangkan dengan memanfaatkan pikiran dan pengalaman anggota kelompok dalam upaya mengembangkan wawasan, sikap atau keterampilan yang diperlukan untuk mencegah atau menghadapi masalah siswa dengan pengembangan diri berdasarkan pada potensi yang dimilikinya. Berdasarkan analisis proses pelaksanaan model yang dikembangkan serta hasil yang di capai oleh anggota kelompok membuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok berbasis life skills efektif dalam meningkatkan konsep diri siswa. Indikasi keberhasilan proses pelaksanaan layanan dapat dilihat dari peran yang dilaksanakan oleh konselor dan anggota kelompok pada setiap  tahapan, baik tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran. Telah ditemukan model bimbingan kelompok berbasis life skills untuk meningkatkan konsep diri siswa yang terdiri dari rasional, tujuan,target intervensi, komponen model,evaluasi dan indikator keberhasilan dan tindak lanjut

 

Group guidance based on life skills to improve students' self-concept is the process of providing assistance implemented by guidance and counseling teacher or group leader to students through the atmosphere to the group based on the values of life skills, order to allowing each member of the group to learn  participate actively in a pleasant atmosphere by utilizing the mind and experience of the group in  effort to develop insights, attitudes or skills necessary to prevent or tackle students with personal development based on its potential.Based on the analysis of the implementation process models developed and the results achieved by the members of the group proved that the service group guidance based on life skills is effective in increasing the self-concept of students at Senior High School State 6 of Pontianak. An indication of the success of the implementation of the service can be seen from the role carried out by counselors and members of the group at each stage, both stages of formation, transition, and termination activities. Has found a model group guidance based on life skills to improve students' self concept consisting of a rational, goal, target of the intervention, component models, evaluation and success indicators and follow-up