Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling melalui motivasi kerja dengan menggunakan analisis jalur. Subyek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling SMP Negeri SeKabupaten Demak. Data penelitian yang dikumpulkan penelitian ini adalah besaran pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional terhadap kinerja melalui motivasi kerja.Penelitian merupakan penelitian korelasional dengan metode ex post facto. Berdasarkan hasilpenelitian menyebutkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh paling besar terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling.

 

This study aimed to analyze the effect of school leadership, professional competence on teacher performance guidance and counseling through employee motivation by using path analysis. The subjects of this study is the guidance and counseling teacher junior high school in Demak. The research data collected this study is the magnitude of the effect of school leadership, professional competence on performance through work motivation. The research is a correlational study with ex postfacto method. Based on the results of studies suggest that school leadership has the most impact on teacher performance guidance and counseling.

Â