ARABIC PUZZLE BOOK PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAGI SISWA KELAS IV MI DI KOTA SEMARANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ibadi Rohman

Abstract

Abstrak
___________________________________________________________________
Rendahnya minat belajar dan kesulitan membaca bahasa Arab dialami oleh banyak siswa pada tingkat MI. Untuk itu, peneliti menawarkan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran berupa buku puzzle pembelajaran bahasa Arab Arabic Puzzle Book. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  hasil uji coba terhadap Arabic Puzzle Book setelah dilakukan analisis kebutuhan, desain prototype, dan validitas ahli terhadap media. Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini adalah: 1) guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran berbentuk buku puzzle, 2) prototipe media pembelajaran Arabic Puzzle Book disajikan secara interaktif dan menarik, 3) penilaian para ahli, dosen pembimbing, dan para ahli terhadap Arabic Puzzle Book memperoleh rata-rata nilai dengan kategori sangat baik pada setiap aspek, dan  4) berdasarkan hasil uji coba diperoleh t hitung 17.562 jatuh pada penerimaan Ha sehingga media Arabic Puzzle Book dapat diterima.

Abstract
___________________________________________________________________
The low interest in learning Arabic and reading difficulties experienced by many students at the rate of MI. To that end, researchers offered a solution by developing learning media in the form of a puzzle book learning Arabic Arabic Puzzle Book. The purpose of this study was to determine the results of tests on Arabic Puzzle Book after conducting a needs analysis, prototype design, and the validity of the expert to the media. This study design is the design of Research and Development (R & D). The results of this research are: 1) teachers and students need learning media shaped puzzle books, 2) prototype learning Arabic media Puzzle Book is presented in an interactive and engaging, 3) assessment of experts, lecturers, and experts on the Arabic Puzzle Book obtain the mean average value with excellent category in every aspect, and 4) based on test results obtained by 17 562 t fall at the reception Ha so that Arabic media Puzzle Book acceptable.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ainin, Moh, M, Tohir dan Imam Asrori. 2006. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Alwainy, Sa’ad Abdul Karim. 2004. طرائق تدريس الأدب والبلاغة والتعبير بين التنظير والتطبيق. المصر. دار الشروق للنشر والتوزيع
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
---------. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Ashar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
---------. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Brown, H.Douglas. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, Edisi Kelima. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT Satu Nusa.
Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
----------. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamid, Baharudin, Mustofa. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Malang: UIN malang press
Haryadi. 2006. Retorika Membaca:Model Membaca dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.
Hoetomo, As’ad. 2005. Keterampilan Membaca Anak Indonesia. Bandung: Aneka Pustaka
Khalilullah, Muhammad. 2010. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Mujib, Fathul dan Nailur Rahmawati. 2013. Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab (2). Yogyakarta: DIVA Press.
Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: DIVA Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Rahim, Haryadi. 2008. Retorika Membaca: Model Membaca dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.
Ruswandi, Heris, dan Nurhamzah. 2008. Landasan Pendidikan. Bandung: CV. Insan Mandiri.
Sadiman, Arief. Et al. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: Rajawali Pers.
Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Soedjatmiko. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta; Rineka Cipta.
Sudijono. 2008. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa.
Sudiman, Yasir. 1996. Media Pembelajaran dengan Dua bahasa. Malang: Bumi Persada.
Sudjana, Nana dan Ahamad Rivai. 2009. Media Pelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
-----------. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
-----------. 2014. Metode Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Sukmadinata, Nana Saodih. 2008. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: RT Remaja.
Suparno, Adi. 2001. Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: DepdikBud Dirjen.
Tampubolon, Dp. 1998. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tim Penyusun Kamus Depdikbud. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud dan Balai Pustaka.
Yusuf, Ismail Sobri Muhammad. 2008. من الوسائل التعليمية إلى تكنولوجيا التعليم. مكتبة .الرياض
(http://martiningsih.blogspot.com/2008/12/mem-mem-mtde-pmbljrn.html).
www. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan 2008.co.id
Wahono, Romi Saputra. 2006. Aspek dan Kriteria Penelitian Media Pembelajaran. Online. Tersedia di http: //romisatriawahono.net / 2006 / 06 /21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media pembelajaran/. Online. Diakses: 16 Juni 2015.
http://iatt.kemenperin.go.id diunduh pada 20 Mei 2015.