EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BAGI PENINGKATAN PENGUASAAN TATA BAHASA ARAB, KETERAMPILAN MENULIS DAN KARAKTER SISWA KELAS X MAN 2 SEMARANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Wafaul Himam
Maya Ma'rifah
Retno Purnama Irawati
Hasan Busri

Abstract

Abstrak


___________________________________________________________________


Tata bahasa Arab dan menulis merupakan salah satu unsur dan keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Penguasaan tata bahasa Arab dan  menulis siswa kelas X MAN 2 Semarang tergolong masih rendah. Hal penting yang sering diabaikan dalam pembelajaran yaitu adanya nilai-nilai karakter yang dapat memperbaiki karakter siswa. Oleh karena itu, guru harus menerapkan strategi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yaitu think talk write. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design (pretest-posttest yang tidak ekuivalen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes uraian dan non tes berupa angket dan dokumentasi. Berdasarkan data penelitian yang dihimpun, 56,25% siswa menyatakan sangat senang dengan model pembelajaran think talk write bahkan 46,87% menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran ini memudahkan mereka dalam belajar tata bahasa dan menulis bahasa Arab. Peningkatan yang signifikan terjadi pada hasil pretest-posttest kelompok eksperimen yang diberi treatment. Hal itu bila dengan dibandingkan kelompok kontrol yang tidak diberi treatment. Perolehan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen dari pretest ke posttest meningkat hingga 20,41 , yaitu dari 59,15 meningkat 79,56. Adapun nilai rata-rata pada siswa kelompok kontrol dari pretest ke posttest meningkat 10,37 saja, yaitu dari 60,84 meningkat menjadi 71,06 dan diperoleh  4,28 dan  1,99 karena . Hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja atau alternatif ( ) yaitu model pembelajaran think talk write efektif bagi peningkatan penguasaan tata bahasa Arab, keterampilan menulis dan karakter siswa.


 


Abstract


___________________________________________________________________


Arabic grammar and writing is one of the elements and language skills that students must achieve in learning Arabic. Mastery of Arabic grammar and writing class X MAN 2 Semarang is still low. Important things that are often ignored in the learning of the existence of character values ​​that can improve the character of students. Therefore, teachers should implement learning strategies using a learning model that is think talk write. The type and design of this research is quantitative and quasi experimental with a nonequivalent control group design (unequal pretest-posttest). Techniques of collecting data using tests and nontes. Test instruments used in the form of test description and non-test in the form of questionnaires and documentation. Based on the research data collected, 56.25% of students stated very happy with the model of think talk write even 46.87% stated that the implementation of this learning model makes it easier for them to learn grammar and write Arabic. Significant improvement occurred in the pretest-posttest results of treated experimental groups. This is when compared to the control group that was not given treatment. The average score in the experimental group from pretest to posttest increased to 20.41, ie from 59.15 to 79.56. The mean score on control group students from pretest to posttest increased by 10.37 alone, ie from 60.84 increased to 71.06 and obtained t_hitung 4.28 and t_tabel 1.99 because t_table≤t_count. Hypothesis accepted in this research is hypothesis of work or alternative (H_a) that is model of effective talk talk write study for improvement of mastery of Arabic grammar, writing skill and character of student.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Muhammad Wafaul Himam, Fakultas Bahasa dan SeniBahasa dan Sastra AsingPendidikan Bahasa Arab

Jurnal itu indah