PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET 3D BERBAHAN FLANEL UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Wafaul Himam
Khaerunnisa Azizatur Rahma
Zukhaira Zukhaira
Mohamad Yusuf Ahmad Hasyim

Abstract

Abstrak


___________________________________________________________________


Banyak siswa kurang antusias dan mengalamikesulitan pada keterampilan menulis bahasa Arab dikarenakan masih banyak guru yang belum memanfaatkan media dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pembelajaran menulis. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa booklet 3D berbahan flanel untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa serta meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa. Penelitian ini menggunakan desain research and development (RnD). Data penelitian diperoleh dengan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian ini adalah guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media booklet 3D berbahan flanel untuk pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas V MI yang terdiri dari empat tema yaitu ÙÙŠ غرÙØ© الجلوس (ruang tamu), ÙÙŠ غرÙةالمذاكرة (ruang belajar), ÙÙŠ الحديقة (di kebun), الالوان (warna). Hasil uji hipotesis diterima dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 16,606 dan hasil penilaian siswa melalui observasi menunjukkan t hitung 23,881. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha dan Ho ditolak. Sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.


 


Abstract


___________________________________________________________________


Many students are less enthusiastic and get difficulties in writing Arabic because there are many teachers who do not use the media in Arabic language learning, especially in writing activity. Therefore, the researchers develop a learning media in the form of 3D booklets made from flannel to cultivate students' interest and motivation and to improve students' writing skills in Arabic. This study uses Research and Development design (RnD). In addition, the data is obtained from test and non-test techniques. The results of this study is teachers and students call for the development of  3D booklet made from  flannel as the media to improve writing skills in Arabic of the fifth grade students’ of MI which is composed of four themes, namely ÙÙŠ غرÙØ© الجلوس (living room), ÙÙŠ غرÙةالمذاكرة (classrooms), ÙÙŠ الحديقة (in garden), الالوان (color). Moreover, Hypothesis test is accepted which is the results of hypothesis test on the right parties taken from students’ score of the test shows t count = 16.606 and students’ assessment result through observation indicates t count = 23.881. Everything falls in the reception area Ha and Ho is rejected. From those explanations, it can be concluded that the new product is more effective than the old ones.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Muhammad Wafaul Himam, Fakultas Bahasa dan SeniBahasa dan Sastra AsingPendidikan Bahasa Arab

Jurnal itu indah