PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN KOOPERATIF BERBASIS TEORI KECERDASAN MAJEMUK PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH

  • Aminah Aminah Universitas Negeri Semarang
  • Zukhaira Zukhaira Universitas Negeri Semarang
  • Moh. Yusuf Ahmad Hasyim Universitas Negeri Semarang

Abstract

This research is motivated by at least teachers who in doing learning just apply a method regardless of student
learning styles. Whereas each student has a different learning style, where the learning style becomes an
influential factor for students in absorbing the lesson. In addition, in applying cooperative or group learning, it
is not uncommon for teachers to divide groups randomly. When it should in pegging students, teachers noticed
competence possessed by each student. So each group has the same heterogeneous levels as the other groups.
Therefore, the development of learning method of Arabic speaking skill with cooperative based on multiple
intelligences on VII grade Madrasah Tsanawiyah students is needed so that teachers and students can to
deliver and receive learning in accordance with learning styles and intelligence. The research design in this
research is research and development. The data was obtained from interviews, questionnaire, and
documentation. Expert assessment of teachers, learning methods and multiple intelligence experts show that
this method is generally feasible to use and appropriate both from the aspect of content, presentation and
language.

 

 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya guru yang dalam melakukan pembelajaran hanya
sekedar menerapkan suatu metode tanpa memperhatikan gaya belajar siswa. Padahal tiap siswa
memiliki gaya belajar yang berbeda, dimana gaya belajar tersebut menjadi faktor yang berpengaruh
bagi siswa dalam menyerap pelajaran. Selain itu, dalam menerapkan pembelajaran yang kooperatif
atau berkelompok, tidak jarang guru membagi kelompok secara acak. Padahal seharusnya dalam
mengelompokkan siswa, guru memperhatikan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing
siswa. Sehingga setiap kelompok memiliki kadar heterogen yang sama dengan kelompok lain.
Oleh karena itu, pengembangan metode pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab dengan
kooperatif berbasis kecerdasan majemuk pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah sangat
dibutuhkan supaya guru dan siswa mampu menyampaikan maupun menerima pembelajaran yang
sesuai dengan gaya belajar serta kecerdasan yang dimiliki. Penelitian ini menngunakan pendekatan
Research and Development (R&D). Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, angket dan
dokumentasi. Peneliti menyelesaikan penelitian ini sampai tahapan kelima, yaitu revisi setelah
validasi guru dan ahli. Penilaian dari guru, ahli metode pembelajaran dan ahli kecerdasan
majemuk menunjukkan bahwa metode ini secara umum layak digunakan dan sesuai, baik dari
aspek isi, penyajian serta bahasa.

 

Published
2018-09-25
Section
Articles