FLISTABIK (FLIP STORY ARABIC BOOK) UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI DI KABUPATEN DEMAK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sakti Sudarsono
Zukhaira zukhaira
Hasan Busri

Abstract

___________________________________
Many students are less enthusiastic and have difficulty in reading Arabic skills because there are still many
teachers who ignore learning reading skills and have not utilized the media in reading skill learning. Therefore,
researchers develop flistabolic learning media (Flip Story Arabic Book) to cultivate students 'interest and
motivation as well as improve students' Arabic reading skills. This research uses researrch and development
design. Research data obtained by technique nontes. The results showed that teachers and students wanted the
development of flistabolic learning media (Flip Story Arabic Book) students of class V MI. The results obtained
from the questionnaire validation by expert experts and teacher responses on the aspect of content with 172,4
values obtained. In the aspect of presentation, the value is 112,8. In the language aspect, it gets 45,8.
Meanwhile, on the aspect of kegrafikan get value 48..


 


 


Abstrak


Banyak siswa kurang antusias dan mengalami kesulitan pada keterampilan membaca bahasa Arab
dikarenakan masih banyak guru yang mengabaikan pembelajaran keterampilan membaca dan
belum memanfaatkan media dalam pembelajaran keterampilan membaca. Oleh karena itu, peneliti
mengembangkan media pembelajaran flistabik (Flip Story Arabic Book) untuk menumbuhkan minat
dan motivasi belajar siswa serta meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa.
Penelitian ini menggunakan desain research and development. Data penelitian diperoleh dengan
teknik nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa menghendaki adanya
pengembangan media pembelajaran flistabik (Flip Story Arabic Book) siswa kelas V MI. Hasil
penelitian diperoleh dari angket validasi oleh pakar ahli dan tanggapan guru tentang aspek isi
dengan meperoleh nilai 172,4. Pada aspek penyajian meperoleh nilai 112,8. Pada aspek bahasa,
meperoleh nilai 45,8. Sementara itu, pada aspek kegrafikan meperoleh nilai 48.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##