KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADA HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PADA PKETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS VIII MTS NU NURUL HUDA KUDUS

  • Ulin Nihayah pendidikan bahasa arab
  • Zaim Elmubarok Pendidikan Bahasa Arab

Abstract

Keterampilan membaca merupakan keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Menurut hasil observasi kemampuan membaca siswa kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kudus tergolong masih rendah. Faktor tersebut dipengaruhi oleh adalah adanya ketidakvariatifan dalam penggunaan model pembelajaran yang dilakukan dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, sehingga memungkinkan terjadinya kejenuhan siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan/metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. Instrumen penelitian adalah instrumen tes dan non tes. Dari hasil perhitungan menggunakan rumus t-test, diperoleh t_hitung=7,86 dan dan t_tabel= 1,66. Karena t_hitung>t_tabel maka hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja, yaitu Model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) efektif terhadap hasil belajar pada keterampilan membaca bahasa Arab kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kudus. Dan berdasarkan hasil perhitungan SPSS untuk hasil angket diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) efektif terhadap motivasi belajar pada keterampilan membaca bahasa Arab kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kudus

Published
2019-08-08
Section
Articles