THE ARABIC ADVENTURE; MEDIA BOARD GAME UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS DI PURBALINGGA

  • Zahra Nida Al Medina Pendidikan Bahasa Arab
  • Zukhaira Zukhaira Pendidikan Bahasa Arab
  • Muhammad Yusuf Ahmad Hasyim Pendidikan Bahasa Arab

Abstract

Rendahnya minat belajar bahasa Arab dan kesulitan berbicara bahasa Arab dialami oleh banyak siswa pada tingkat MTs. Beberapa faktor penyebab kesulitan tersebut secara umum berasal dari faktor eksternal dan internal, salah satunya yaitu belum tersedianya media yang sesuai untuk keterampilan berbicara bahasa Arab. Peneliti menawarkan solusi dari masalah tersebut dengan mengembangkan media board game (The Arabic Adventure) untuk keterampilan berbicara siswa kelas VII MTs. Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan angket. Prototipe media board game (The Arabic Adventure) didesain secara menarik menggunakan aplikasi coreldraw yang terdiri dari papan board game, kartu kosakata, audio materi, kartu evaluasi, dadu digital, buku petunjuk, dan pemain. Penilaian para ahli, dosen pembimbing, dan guru menunjukkan bahwa media ini secara umum sudah layak dan sesuai baik dilihat dari aspek materi maupun tampilan.

Published
2019-08-08
Section
Articles