INTERFERENSI FONOLOGIS DAN GRAMATIKAL SISWA KELAS VII MTs N 1 KUDUS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

  • Muhammad Muasa Ala Pendidikan Bahasa Arab
  • Ahmad miftahuddin pendidikan bahasa arab
  • Darul Qutni Pendidikan Bahasa Arab

Abstract

Adapun tujuan  dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk interferensi fonologis, morfologis, dan sintaksis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik catat dan teknik rekam.  Instrumen yang digunakan berupa kartu data dan lembar rekapitulasi. Adapun analisis datanya dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan  data dan pengecekan, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya interferensi fonologis dan gramatikal bahasa Arab yang terdapat pada tuturan siswa kelas VII-B dan VII-C MTs Negeri 1 Kudus yang diperoleh dari data rekaman, pengamatan,simak bebas libat cakap, dan catat. Peneliti menemukan 18 data interferensi baik interferensi fonologis, morfologis, dan sintaksis. Dari 18 data tersebut, 6 di antaranya termasuk interferensi fonologis, 5 di antaranya termasuk interferensi morfologis, 7 di antaranya termasuk interferensi sintaksis.

Author Biography

Ahmad miftahuddin, pendidikan bahasa arab

jurnal itu indah

Published
2019-08-08
Section
Articles