PENGEMBANGAN BUKU PENUNJANG PEMBELAJARAN TARAKIB BAHASA ARAB BERBASIS METODE MNEMONIC UNTUK SISWA KELAS X MA/SMA SEDERAJAT
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini didasari pada permasalahan para pembelajar bahasa Arab dalam mempelajari tarkib bahasa Arab khususnya siswa kelas X MA/SMA yaitu kurangnya ketersediaan buku penunjang tarakib bahasa Arab yang efektif, menarik dan mudah dipahami serta rendahnya pemahaman siswa saat mempelajari tarakib. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menempuh tlima dari sepuluh tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan buku penunjang tarakib bahasa Arab berbasis metode mnemonic untuk siswa kelas X MA/SMA sederajat. Kedua, prototipe buku berisi materi tarakib bahasa Arab kelas X MA/SMA, kosakata, ilustrasi gambar sesuai kebutuhan, harakat pada materi, latihan soal dan kata-kata motivasi. Ketiga, penilaian aspek kelayakan isi memperoleh nilai rata-rata 86,875 (sangat sesuai), kelayakan penyajian memperoleh nilai rata-rata 86,6 (sangat sesuai), kelayakan bahasa memperoleh nilai rata-rata 87,04 (sangat sesuai) dan kelayakan kegrafikan memperoleh nilai rata-rata 85 (sesuai). Nilai aspek kelayakan buku adalah 86,38 pada rentang 86-100 dan termasuk kategori 4 (sangat sesuai/sangat layak).