MABAR : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS 6 UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB KELAS VIII MTS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yeyen Febrianti Sekar Romi
Nailur Rahmawati
Nafis Azmi Amrullah

Abstract

Dalam proses pembelajaran membutuhkan media pembelajaran untuk menarik minat siswa. Salah satu software yang dapat digunakan adalah adobe flash. Adobe flash dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena sifatnya yang dinamis dan interaktif, sehingga menambah ketertarikan siswa dalam belajar.


Purwarupa dari media pembelajaran berbasis adobe flash professional CS 6 adalah 1) bagian awal yang berupa animasi opening 2) halaman utama yang terdiri dari tombol KI, KD, dan Indikator, tombol petunjuk penggunaan dan petunjuk tombol dalam media, tombol profil, tombol tema 1, tombol tema 2, dan tombol tema 3. 3) setiap tema terdiri dari 12 kosakata, 3 kosakata untuk evaluasi berupa permainan hangman, dialog sederhana, 4 dialog rumpang berupa permainan metal ball, dan 2 pertanyaan berupa pilihan ganda untuk evaluasi. Media pembelajaran MABAR yaitu sebagai sarana belajar siswa di dalam dan di luar kelas untuk keterampilan menyimak bahasa Arab karena dapat menarik minat siswa dan melatih kemandirian siswa dalam belajar bahasa Arab. Hasil penilaian validasi dari para ahli dan guru dari berbagai aspek meliputi aspek rekayasa perangkat lunak dengan nilai rata-rata 87,65; aspek komunikasi memperoleh nilai rata-rata 88,30; aspek audio memperoleh nilai rata-rata 80; dan aspek visual memperoleh nilai rata-rata 86,71 dari ahli media dan guru. Sedangkan penilaian ahli materi dan guru yang meliputi aspek kelayakan isi memperoleh nilai rata-rata 88,30; aspek kelayakan penyajian memperoleh nilai rata-rata 88,25; dan pada aspek kelayakan bahasa memperoleh nilai rata-rata 88,43; sehingga dari seluruh aspek mendapatkan nilai rata-rata 85 sehingga dapat dikatakan media MABAR layak digunakan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##