ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan terkait rendahnya kemampuan siswa dalam melafalkan huruf, kata, atau kalimat dalam bahasa Arab terutama bagi pelajar pemula agar selanjutnya tidak terjadi kesalahan yang akan menghambat proses pembelajarab. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis kesalahan siswa dalam keterampilan membaca teks berbahasa Arab yang dilihat dari segi fonologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk-bentuk kesalahan fonologi dalam keterampilan membaca teks berbahasa Arab siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang seperti kesalahan konsonan dalam kelompok tenggorokan (الØلق) dan kelompok lidah (اللسان); kesalahan vokal seperti kesalahan penghilangan vokal, kesalahan pergantian vokal, dan kesalahan vokal panjang pendek; kesalahan diftong; kesalahan konsonan ganda (الشدّة), dan yang kelima yaitu kesalahan asimilasi sandang (ال). Kedua, faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa dalam keterampilan membaca tersebut diantaranya faktor linguistik dan faktor non linguistik. Faktor non linguistik seperti minat dan motivasi yang rendah dalam berbahasa, dan kurangnya pengaplikasian bahasa Arab.