Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan motivasi, promosi, dan citra destinasi berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung melalui keputusan pengunjung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Purbasari Pancuran Mas Purbalingga. Pengambilan sampel dengan menggunakan accidental sampling, sebanyak 103 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis dalam penelitian menggunakan SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menemukan bahwa semua hipotesis pengaruh secara lngsung yang diajukan adalah diterima dimana nilai signifikansinya  <  0,050, sedangkan untuk pengujian intervening diperoleh nilai total pengaruh tidak  langsung > pengaruh langsung, yaitu motivasi sebesar 0,243 > 0,180, promosi sebesar 0,340 > 0,281, dan citra destinasi sebesar 0,331 > 0,247. Hal ini membuktikan hipotesis baik secara langsung dan tidak langsung dalam penelitian ini semua diterima. Simpulannya semakin tinggi tingkat motivasi, promosi, dan citra destinasi maka dapat mempengaruhi keputusan berkunjung yang akan berdampak pada kepuasan pengunjung. Saran untuk perusahaan adalah menambah wahana yang tidak monoton, membuat iklan yang lebih kreatif dan inovatif lagi, serta penerimaan kritik dan saran dari pengunjung.