Vol 5 No 4 (2016): Management Analysis Journal
Articles

Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian

khoiriyah indra cahyani
Bio
Rr Endang Sutrasmawati
Universitas Negeri Semarang
Published April 25, 2017
How to Cite
1.
cahyani khoiriyah, Sutrasmawati R. Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. MAJ [Internet]. 25Apr.2017 [cited 28Jun.2022];5(4). Available from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/8350

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena perkembangan sepeda motor di Indonesia yang sangat pesat. Selain itu, tingkat persaingan yang ketat di berbagai kategori produk berdasarkan kemajuan teknologi telah menyebabkan timbulnya beberapa fenomena yang cukup menarik yang mendorong kosumen mendorong untuk membeli sepeda motor yang lagi diminati dipasaran sesuai dengan produk yang mereka inginkan. Penelitian ini menggunakan fenomena gap, masalah yang di kaji dalam penelitian ini adalah apakah brand awareness dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian baik secara parsial dan simultan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan brand image parsial dan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Wali Motor Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah dengan jumlah sampel 100 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda menggunakan SPSS 16.0 for Windows.  Hasil penelitian di peroleh bahwa nilai Fhitung sebesar 342.244 dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Hal tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh brand awareness dan brand image secara simultan positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa brand awareness dan brand image secara berpengaruh secara parsial dan silmutan  terhadap keputusan pembelian, sehingga dapat dijelaskan bahwa semakin baik brand awareness dan brand image, maka tinggi pula keputusan pembelian konsumen pada sepeda motor Honda Beat

References

  1. Alinegoro, Irwan Hartono dan Hastuti Naibaho, dkk. 2014. Pengaruh Elemen Ekuitas Merek (Brand Equity) terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian (X) S.M.L di Surabaya. Jurnal Gema Aktualita, Vol. 3 No. 1, Juni 2014.
  2. Arianto, Anandhitya Bagus. 2011. Pengaruh Atribut Produk, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi dan Ketidakpuasan Konsumen Terhadap Keputusan Perpindahan Merek dari Samsung Galaxy Series di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 11, No. 2, Juni 2013.
  3. Durianto, Darmadi, Sugiarto, dan Toni Sitinjak. 2001, Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta : Gramedia Pustaka.
  4. Edi, Sarwo. 2013. Pengaruh Citra Merek, Sikap Konsumen dan Asosiasi Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Konsumen (Studi Empiris Pertimbangan Mahasiswa UNNES dalam Pembelian Laptop Toshiba). Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Semarang.
  5. Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek & psikologi konsumen. Yogyakarta: Graha ilmu.
  6. Kotler, Philip & A.B. Susanto. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Edisi Pertama, Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat.
  7. Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  8. Kotler,Philp. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  9. Kotler, Philip, dan & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1&2. Jakarta: Erlangga.
  10. Setiadi, J Nugroho. 2003. Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
  11. Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  12. Subiyanto, Ibnu. 2000. Metode Penelitian. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan(UPP) Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
  13. Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
  14. Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka U