https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/issue/feed Management Analysis Journal 2018-05-28T15:00:53+00:00 Kris Brantas Abiprayu maj@mail.unnes.ac.id Open Journal Systems https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/13759 Konsistensi Pengukuran Value at Risk pada Saham Syariah dengan Metode Historis 2018-05-28T15:00:50+00:00 Muhamad Naufal Nur Ridha naufalnmr@gmail.com Moh. Khoiruddin mohkhoiruddin@yahoo.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsistensi pengukuran risiko menggunakan <em>value at risk</em> dengan menggunakan metode historis pada saham syariah meliputi periode jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Jenis penelitian yang digunakan dalam peletian ini adalah penelitian kuantitatif. Objek penelitian ini adalah <em>return</em> saham-saham syariah yang masuk ke dalam <em>Jakarta Islamic Index</em> selama periode 2011-2015. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan metode <em>purposive sampling</em>. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji&nbsp; <em>Kendall’s W</em>.&nbsp; Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perhitungan <em>value at risk</em> saham syariah selama periode jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang hampir seluruhnya tidak konsisten. Hanya ada satu perhitungan yang menyatakan perhitungan value at risk konsisten, yaitu perhitungan antara periode 1 tahun dengan periode 3 tahun. Dapat disimpulkan bahwa nilai <em>value at risk</em> tidak hanya dipengaruhi oleh periode waktu dan tingkat kepercayaan, namun ada faktor lain yang mempengaruhi seperti risiko pasar karena dalam metode historis mencakup nilai-nilai return pada saat kondisi pasar yang sedang mengalami gangguan atau tidak normal.</p> 2018-05-28T14:10:39+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/17133 Pemilihan Saham dan Waktu Perdagangan pada Reksadana Syariah Saham di Indonesia 2018-05-28T15:00:51+00:00 Fajar Maulana fajarnuna@gmail.com Anindya Ardiansari niend_ku@yahoo.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan manajer investasi dalam pemilihan saham dan keputusan waktu pembelian saham &nbsp;pada reksa dana syariah saham di Indonesia periode tahun 2012-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh reksa dana syariah saham yang aktif diperjualbelikan pada periode tahun 2012-2016. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 29 sampel dengan metode <em>purposive sampling. </em>Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi model Trynor-Mazuy <em>Condition </em>dengan memasukkan variabel makro yaitu nilai tukar dan jumlah uang beredar sebagai variabel prediksi. Hasil penelitian menunjukkan manajer investasi reksa dana syariah saham di indonesia tidak memiliki kemampuan pemilihan saham yang dibuktikan dengan hanya enam dari 29 reksa dana syariah saham yang memiliki α positif, namun dalam kemampuan keputusan waktu pembelian saham menunjukkan terdapat 21 dari 29 reksa dana syariah saham yang memiliki γpositif</p> 2018-05-28T14:15:31+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/17895 Pertumbuhan dan Ukuran Perusahaan pada Stock Split 2018-05-28T15:00:51+00:00 Anggi Novitasari angginonovita@gmail.com Andhi Wijayanto andhy.wijayanto@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemecahan saham (<em>stock split) </em>terhadap <em>abnormal return</em> dan <em>trading volume activity</em> saham dengan memperhatikan pertumbuhan dan ukuran perusahaan. Jumlah sampel yang digunakan adalah 44 perusahaan yang listing di BEI pada periode 2010 – 2016. Selanjutnya sampel di kelompokkan berdasarkan pertumbuhan dan ukuran perusahaan. 34 perusahaan merupakan perusahaan bertumbuh dan 10 perusahaan tidak bertumbuh serta 22 perusahaan besar dan 22 perusahaan kecil. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode <em>purposive sampling. </em>Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan program SPSS21 dan Eviews8, dengan alat uji <em>Paired Sample T-test</em> dan <em>Wilcoxon Signed Rank Test</em>. Periode pengamatan selama 10 hari yaitu 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah pengumuman pemecahan saham. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan&nbsp; <em>abnormal return</em> sebelum dan sesudah pemecahan saham pada perusahaan tidak bertumbuh. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan <em>trading volume activity </em>sebelum dan sesudah pemecahan saham pada perusahaan bertumbuh dan besar.</p> 2018-05-28T14:20:40+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/18050 Pengaruh Person-Organization Fit pada Komitmen Afektif yang Dimediasi oleh Nilai-Nilai Kolektif 2018-05-28T15:00:51+00:00 Istianatun Ni'mah istianatunnimah@gmail.com Nury Ariani Wulansari nuryarianiwulansari@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>person-organization fit </em>pada nilai-nilai kolektif dan komitmen afektif serta menemukan pengaruh nilai-nilai kolektif pada komitmen afektif. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh <em>person-organization fit </em>pada komitmen afektif dengan melalui nilai-nilai kolektif sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan tetap yang bekerja di kantor pusat Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) stasiun Jawa Tengah. Dengan menggunakan teknik <em>purposive sampling </em>dan <em>proportionate stratified random sampling </em>diperoleh sampel sebanyak 122 karyawan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis jalur melalui program SPSS 21.0 <em>for Windows</em>. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari emapat hipotesis secara keseluruhan dapat diterima. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa <em>person-organization fit </em>berpengaruh positif signifikan pada nilai-nilai kolektif dan komitmen afektif. Begitupun juga nilai-nilai kolektif berpengaruh positif signifikan pada komitmen afektif. Sedangkan nilai-nilai kolektif juga mampu menjadi variabel mediasi dalam hubungan antara <em>person-organization fit </em>pada komitmen afektif.</p> 2018-05-28T14:22:57+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/18102 Pengaruh Work-Life Balance dan Job Involvement pada In-Role Performance dengan Affective Commitment sebagai Variabel Mediasi 2018-05-28T15:00:51+00:00 Jimmi Rizki Romahdona jimmi.romahdona@gmail.com Palupiningdyah Palupiningdyah upik33@gmail.com <table> <tbody> <tr> <td> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>work-life balance</em> dan <em>job involvement </em>pada <em>in-role performance </em>yang dimediasi oleh <em>affective commitment</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan perempuan bagian Cantel dan Gunting PT Interwork Indonesia yang berjumlah 452 karyawan. Sampel penelitian ini sebanyak 82 karyawan diperoleh dari menggunakan rumus <em>slovin </em>dengan teknik <em>proportional stratified random sampling</em>. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala <em>likert</em>. Analisis data menggunakan uji parsial dan analisis jalur dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukan <em>work-life balance </em>tidak berpengaruh signifikan pada <em>in-role performance</em>. Hasil juga menjunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara <em>job involvement </em>pada <em>in-role pefrormance</em>. Sedangkan untuk pengaruh <em>work-life balance </em>pada <em>affective commitment </em>dan <em>job involvemnet </em>pada <em>affective commitment </em>berpengaruh signifikan. Selain itu, <em>affective commitment </em>terbukti memediasi penuh hubungan antara <em>work-life balance </em>pada <em>in-role performance </em>dan hubungan antara <em>job involvement </em>pada <em>in-role performance</em>.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2018-05-28T14:28:11+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/18651 Analisis Stock Mispricing terhadap Return Reversal Saham pada Bursa Efek Indonesia 2018-05-28T15:00:52+00:00 sri lestari slestari397@yahoo.com Arief Yulianto ariefyoelianto@gmail.com <p>Ada tiga macam bentuk teori pasar efisien, salah satunya adalah pasar efisien bentuk lemah dimana investor tidak dapat menggunakan informasi masa lalu untuk memprediksi nilai di masa sekarang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kapan <em>mispricing </em>terjadi dan kapan proses <em>mean reverting </em>kembali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan panel data dari tahun 2013 hingga tahun 2016. Terdapat empat variabel dependen di dalam penelitian ini untuk melihat <em>mean reverting </em>saham, yaitu <em>return </em>minggu pertama, <em>return </em>minggu kedua, <em>return </em>minggu ketiga dan <em>return </em>minggu keempat setelah periode <em>mispricing.</em> variabel <em>mispricing </em>yang merupakan variabel independen diukur melalui proksi volatilitas dari nilai residual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat <em>mispricing </em>suatu saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>return reversal.</em> Berdasarkan analisis <em>t-statistic </em>untuk setiap regresi, maka didapatkan hasil bahwa variabel <em>mispricing </em>paling berpengaruh terhadap <em>return reversal </em>saham terhitung pada minggu keempat setelah periode <em>mispricing. </em>Pada minggu pertama dan kedua setelah periode <em>mispricing, return </em>saham telah mengikuti proses <em>mean reverting, </em>yaitu <em>return </em>berangsur-angsur kembali perlahan kepada <em>return </em>semestinya.</p> 2018-05-28T14:36:40+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/18902 Pengaruh Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural pada Burnout dengan Ethical Climate sebagai Variabel Mediasi 2018-05-28T15:00:52+00:00 Imadudin Hasrat Iskandar diendudien2@gmail.com Ketut Sudarma ketuts52@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keadilan distributif dan keadilan prosedural pada <em>burnout</em> yang dimediasi oleh <em>ethical climate.</em> Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan PT. Trans Marga Jateng. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan <em>proportionate </em><em>random sampling</em>, jumlah responden sebanyak 109 karyawan PT. Trans Marga Jateng. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis jalur. Analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadilan distributif dan keadilan prosedural berpengaruh negatif signifikan pada <em>burnout</em> dan positif signifikan pada <em>ethical climate</em>. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa <em>ethical climate</em> berpengaruh negatif signifikan pada <em>burnout</em>. Selanjutnya, penelitian ini menemukan pengaruh keadilan distributif dan keadilan prosedural pada <em>burnout</em> dapat dimediasi oleh <em>ethical climate.</em></p> 2018-05-28T14:40:14+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/18943 Pengaruh Konflik Pekerjaan-Keluarga, Persepsi Hukuman Organisasi, dan Kepuasan Kerja pada Ketidakhadiran Pekerja Wanita Bagian Produksi PT Hyup Sung Indonesia 2018-05-28T15:00:52+00:00 Ragil Agus Setiani ragilagussetiani@students.unnes.ac.id S. Martono smartono157@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk meneliti pengaruh konflik pekerjaan-keluarga, persepsi hukuman organisasi, dan kepuasan kerja pada penurunan ketidakhadiran pekerja wanita. Populasi penelitan adalah pekerja wanita bagian produksi PT HYUP SUNG Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan <em>purposive sampling</em> dengan jumlah sampel sebanyak 89 pekerja. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan analisis regresi linier berganda dan uji signifikans parsial dengan bantuan program SPSS IBM 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima. Ketidakhadiran pekerja wanita akan menurun ketika pekerja merasakan keseimbangan waktu dan tidak tertekan dengan pekerjaan, mempunyai persepsi bahwa hukuman organisasi bisa mendidik pekerja, serta merasakan kepuasan &nbsp;terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. &nbsp;</p> 2018-05-28T14:44:24+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/19857 Pengaruh Orientasi Pasar dan Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Kapabilitas Pemasaran pada UMKM Lanting di Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen 2018-05-28T15:00:53+00:00 Sarif Hidayat hsarif84@gmail.com Murwatiningsih Murwatiningsih murwatiningsih_fe@yahoo.com <p>Kinerja pemasaran merupakan bagian yang penting dari Usaha Mikro dan Kecil, dengan kinerja pemasaran yang optimal maka perusahaan akan mampu bertahan dalam persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui kapabilitas pemasaran pada UMKM Lanting di Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku UMKM Lanting di Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Jumlah responden sebanyak 115 orang. Analisis data menggunakan <em>Path Analysis </em>dengan program SPSS Versi-21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kapabilitas pemasaran mampu memediasi hubungan antara orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Saran untuk UMKM Lanting di Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen agar meningkatkan orientasi kewirausahaan terutama pada inovasi baik inovasi produk maupun promosi dan meningkatkan kapabilitas pemasaran yang dimiliki untuk meningkatkan kinerja pemasaran salah satunya dengan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Dinas UMKM.</p> 2018-05-28T14:47:52+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/20445 Pengaruh Kualitas Pelayanan,Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen 2018-05-28T15:00:53+00:00 Adhitya Kelana Putera adhityakelana3@gmail.com Wahyono Wahyono wyunnes@yahoo.co.id <p>Pengiriman produk berkualitas tinggi adalah kunci sukses di industri apa pun. Baik dalam industri manufaktur dan jasa, kualitas layanan dan produk adalah faktor utama yang mempengaruhi niat pembelian pelanggan dan loyalitas pelanggan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen serta pengaruh tidak langsungnya melalui Kepuasan Konsumen. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 120 konsumen di Kota Semarang dengan teknik pengambilan incidental sampling. Teknik analisis menggunakan analisis jalur dengan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Kepuasan Konsumen.</p> 2018-05-28T14:52:24+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/20638 Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Perceived Value terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan 2018-05-28T15:00:53+00:00 David Firmansyah dvdfrmnsyh@gmail.com Dorojatun Prihandono dprihandono@mail.unnes.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas pelayanan dan <em>perceived value</em> terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan. Populasi penelitian ini adalah pelanggan KRL Jabodetabek. Dengan menggunakan metode iterasi diperoleh sampel sebanyak 116 responden pelanggan Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Manggarai, Jakarta. Teknik analisis menggunakan analisis jalur dengan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelangggan, dan <em>perceievd value</em> menjadi variabel yang tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan mampu memediasi kualitas pelayanan dan <em>perceived value</em> terhadap loyalitas pelanggan.</p> 2018-05-28T14:55:10+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/20728 Pengaruh Citra Merek, dan Persepsi Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian melalui Loyalitas Merek pada Riez Palace Hotel Tegal 2018-05-28T15:00:53+00:00 Brendan Ecstasia Brend_13@ymail.com Ida Maftukhah idaf123@yahoo.comid <p>Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh citra merek, persepsi kualitas layanan terhadap keputusan pembelian melalui loyalitas merek&nbsp; pada Riez Palace Hotel yang telah menekankan citra merek dengan menerapkan sistem hotel bernuansa syariah serta persepsi kualitas layanan yang terbaik, dengan harapan Riez Palace Hotel mendapatkan citra yang positif untuk pengunjung maupun calon pengunjung baru dimana citra tersebut tidak ditemui di hotel konvensional pada umumnya serta membentuk persepsi kualitas pelayanan yang terbaik dibandingkan dengan hotel-hotel pesaing yang ada di sekitarnya untuk mendapatkan keunggulan bersaing yang maksimal. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Riez Palace Hotel. Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 110 responden dengan teknik <em>incidental sampling</em>. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi dan analisis jalur. Analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 21. Hasil dalam penelitian ini yaitu terjadi hubungan antara citra merek, dan persepsi kulaitas layanan terhadap keputusan pembelian baik secara langsung maupun melalui variabel intervening yaitu loyalitas merek.</p> 2018-05-28T14:58:08+00:00 ##submission.copyrightStatement##