PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN LAPANGAN H PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Meindra Azmi Listiarto
Bambang Priyono
Hermawan Pamot Raharjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran permainan bola basket dengan Lapangan H bagi siswa sekolah dasar Negeri 2 Banjaranyar Kabupaten Tegal dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Metode pengembangan ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Brog & Gall. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 90,67% (sangat baik), ahli pembelajaran I 85,33% (baik), ahli pembelajaran II 84% (baik), uji coba kelompok kecil 93,70% (sangat baik), dan uji coba lapangan 95,76% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran permainan bola basket dengan Lapangan H ini dapat digunakan lagi bagi siswa SD Negeri 2 Banjaranyar Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran permainan bola basket ini sebagai alternative dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Abstract

This study aims to develop and produce products such as basketball games learning model with field H for elementary school students Negeri 2 Banjaranyar Tegal regency in learning Physical Education, Sport and Health. This development method is the development of research which refers to the model of the development of Brog and Gall. Data such as the results of an assessment of the quality of products, suggestions for improvement of the product, and the results of questionnaires by students. From the test results obtained by the expert evaluation data, expert penjas 90.67% (excellent), a lesson I 85.33% (excellent), a learning II 84% (good), a small test group 93.70% (very good), and field-testing 95.76% (excellent). From the available data it can be concluded that the model of learning the game of basketball to the field H can be used again for elementary school students 2 Banjaranyar Tegal regency. Based on the above results, it is expected for Physical Education teachers in elementary schools to use the product model of learning the game of basketball as an alternative to teaching Physical Education, Sport and Health.

Article Details

Section
Articles