AUDIO DUMADINE DESA WIDURI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMAHAMI ISI CERITA LEGENDA SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN PEMALANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Inne Agustine Dwi Hastuti

Abstract

Pembelajaran memahami isi cerita legenda kelas VIII SMP di Kabupaten Pemalang mengalami kendala dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga perlu diadakannya penelitian ini yang bertujuan untuk mengembangkan audio cerita legenda sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Desain penelitian adalah Research and development (R&D). Instrumen penelitian menggunakan angket kebutuhan siswa, pedoman wawancara guru dan siswa, angket uji ahli media dan materi, angket tanggapan siswa, dan pedoman wawancara guru terhadap hasil ujicoba. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah audio cerita legenda dumadine desa widuri yang sudah dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran memahami isi cerita legenda kelas VIII SMP di Kabupaten Pemalang.


 


The learning of comprehending contents of the legend story for the eighth grade of Junior High School in Pemalang have been problems of the using learning media. Based on the problems, it needs a research aims to develop an audio of the legend story which suit the needs of the teachers and students in the learning process. The research using Research and Development’s method. The instruments using questionnaire of the needs of the students, teacher and student’s interview guidance, questionnaire test of the material and media expert, questionnaire of the student’s responses, and teacher’s interview guidance on the test result. The data analysis using qualitative and descriptive’s analysis. The product of the research is an audio of the legend story entitled dumadine desa widuri which has been declared suitable to use as a media to the learning of comprehending contents of the legend story for the eighth grade of Junior High School in Pemalang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dwi Hastuti, I. (2017). AUDIO DUMADINE DESA WIDURI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMAHAMI ISI CERITA LEGENDA SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN PEMALANG. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 5(2), 11-16. https://doi.org/10.15294/piwulang jawa.v5i2.21058

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Bascom, William R. 1953. Folklore and Anthropology. The Journal of American Folklore. Volume 66, nomor 22: 283-290.

Bascom, William R. 1965. The Forms of Folklore: Prose Narratives. The Journal of American Folklore. Volume 78, nomor 307: 3-20.

Carthy, Julie. 1984. Folklore in the Oral Tradition, Fairytales, Fables and Folk-Legend. The Oral Tradition Journal. Volume 4, nomor 1. Yale: New Have Teachers Institute.

Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Daryanto. 2010. Media Pelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fauzy, Firdaus. 2013. Kategori dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat. Online, tersedia di http://ulongfirdausfauzy.blogspot.co.id/2013/06/kategori-dan-fungsi-sosial-cerita-rakyat_647.html (diunduh pada tanggal 5 Mei 2016)

Fitrianto, Restu Agung. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Kompetensi Menyimak Cerita Rakyat menggunakan Media Sound Slide untuk Siswa Kelas VI SD. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Gusal, La Ode. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu. Jurnal Humanika. Volume 3, nomor 15. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Hapipah. 2014. Pengembangan Media Audio Legenda Ki Gede Sebayu dalam Dialek Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Indrawati, Okta Rina. 2013. Media Audio. Online, tersedia di http://oktarinaindrawati.blogspot.co.id/2013/12/media-audio.html (diunduh pada tanggal 5 Mei 2016)

Innayah. 2012. “Media Audio Pembelajaran untuk Anak Usia Dini dengan Model Permainan”. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran. Mei 2012. Nomor 1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Irkhamudin. 2012. Pengembangan Media Audio Terpadu Berbasis Internet untuk Pembelajaran Menyimak Berita Kelas X. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Kesumawidayani, Hery Kresnadi, dan Suhardi Marli. 2013. “Penggunaan Media Audio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Maret 2013. Volume 2, nomor 3. Pontianak: Universitas Tajungpura.

Kurniati, Sri. dkk. 2009. Pemilihan Teknologi Audio yang Tepat sebagai Media Pembelajaran untuk Mahasiswa Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 10(1):51–61.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto, 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kutty, Valsala. 1999. National Experiences with the Protection of Expressions of Folklore/Traditional Cultural Expressions: India, Indonesia and the Philippines. International Journal. 1-42.

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada.

Ningrum. 2013. Pengembangan Media Audio Pembelajaran Menyimak Legenda di Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Pamukti, Berlin Widi. 2013. Pengembangan Media Menyimak Cerita Rakyat bagi Siswa SMA Kelas X di Kota Temanggung. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Pitaloka, Hersila Astari, Wahyudi Siswanto, Martutik. 2013. “Dokumentasi Cerita Rakyat Malang Raya dan Pengembangan Media Pembelajaran Menyimak”. Jurnal Puitika. Maret 2013. Volume 1, nomor 1. Malang: Universitas Negeri Malang.

Propp, V. 1987. Morfologi Cerita Rakyat. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Kementrian Pendidikan Malaysia.

Sadiman, Arif S., dkk. 2005. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Semi, Atar. 2008. Stilistika Sastra. Padang: Universitas Negeri Padang Press.

Silva, Rafael Silveira. 2012. “Fairy Tales and Moral Values: a Corpus-Based Approach”. Brazillian English Language Teaching Journal. Volume 3, nomor 1.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.