KELAYAKAN BUKU TEKS PADHA BISA BASA JAWA KURIKULUM 2013 KELAS IX TERBITAN YUDHISTIRA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Wahidah

Abstract

The objectives of this research are to analyze the acceptability level of content, book style, and language from textbook entitled Padha Bisa Basa Jawa for grade IX SMP/MTs using curriculum 2013 published by Yudhistira. This research is an evaluative research that is using descriptive qualitative approach by applying content-analysed technique. Data are obtained by observing, classifying and note-taking which are using card and assessment sheet that is developed by the researcherthat refers totextbook assessment instrument of Standard National Education Corporation (BSNP). The result shows that the textbook entitled Padha Bisa Basa Jawa for grade IX SMP/MTs has precentage the acceptability level of content whichis 88.96% belongs to proper,the acceptability level of book style is 88.28%which belongs to proper, while the acceptability level of language is 80% which belongs to proper.


Abstrak


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa dari buku teks Padha Bisa Basa Jawa Kelas IX SMP/MTs kurikulum 2013 terbitan Yudhistira. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Teknik pengambilan data menggunakan teknik simak, pilah, dan catat dengan berbantuan kartu data dan lembar penilaian. Lembar penilaian tersebut merupakan hasil yang dikembangkan peneliti dengan mengacu pada instrumen penilaian buku teks dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks Padha Bisa Basa Jawa Kelas IX SMP/MTs memperoleh presentase kelayakan isi 88,96% dengan kategori layak, kelayakan penyajian memperoleh 88,28% dengan kategori layak, sedangkan kelayakan bahasa memperoleh 80% yang termasuk dalam kategori layak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wahidah, S. (2018). KELAYAKAN BUKU TEKS PADHA BISA BASA JAWA KURIKULUM 2013 KELAS IX TERBITAN YUDHISTIRA. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 6(1), 7-13. https://doi.org/10.15294/piwulang jawa.v6i1.23011

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basuki, Wulandayani Ngujer, Ari Rakhmawati, Sri Hastuti. 2015. Analisis Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Untuk SMP/MTs Kelas VIII. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Volume 3 Nomor 2. Solo: Universitas Negeri Sebelas Maret.
Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Panduan Membuat Buku Ajar (Buku Teks Pelajaran) sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Octavianti, Wulan. 2016. Analisis Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Jawa Dan Kesesuaian Dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Jawa SMA/SMK Kelas X Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Volume 09 Nomor 02. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan).Yogjakarta: Diva Press.
Sari, Fitriana Kartika. 2015. Analisis Isi Buku Teks Bahasa Jawa Prigel Basa Jawa Kanggo SMA/SMK/MA Kelas XI. Skripsi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuningsih, Lulut. 2015. Analisis Kelayakan Buku Teks Bahasa Jawa Kurikulum 2013 Tingkat SMP. Skripsi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Yang, Der-Ching dan Iwan Andi Sianturi. 2017. An Analysis of Singaporean versus Indonesian Textbooks Based on Trigonometry Content. EURASIA. Taiwan: National Chiayi University.