NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI AJAR KOMPETENSI DASAR MEMBACA DI SMP NEGERI 4 SEMARANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Desi Diana

Abstract

Pendidikan karakter dapat diintegrasikan pada materi ajar, salah satunya materi ajar membaca. Pada materi ajar membaca, siswa dapat mengambil nilai-nilai karakter yang ada di dalamnya karena membaca berperan dalam pembentukan kejiwaan atau pembentukan karakter seseorang. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana variasi nilai pendidikan karakter dalam materi ajar buatan guru di SMP N 4 Semarang? (2) Bagaimana variasi nilai pendidikan karakter materi ajar non buatan guru di SMP N 4 Semarang? Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu (1) mendeskripsi nilai-nilai pendidikan karakter dalam materi ajar buatan guru di SMP N 4 Semarang. (2) mendeskripsi nilai pendidikan karakter materi ajar non buatan guru di SMP N 4 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah materi ajar membaca di SMP Negeri 4 Semarang. Data pada penelitian ini adalah kalimat, penggalan wacana, atau wacana dalam materi ajar yang diduga mengandung nilai-nilai pendidikan karakter.Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai Pendidikan karakter yang terkandung di dalam materi ajar kompetensi membaca buatan guru di SMP N 4 Semarang meliputi nilai disiplin, menghargai prestasi, kerja keras, dan peduli lingkungan. Sedangkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam materi ajar kompetensi membaca buatan non-guru di SMP N 4 Semarang meliputi religius, jujur, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai

 

Character education can be integrated in the teaching materials , one of which read teaching materials . On reading the teaching materials , students can take the values of the characters in it because of reading plays a role in the formation of a person's psyche or the formation of character . The problem in this study were ( 1 ) How do variations in the value of character education in teacher -made teaching materials SMP N 4 Semarang ? ( 2 ) How do variations in the value of character education non -made teaching materials on junior high school teacher N 4 Semarang ? Objectives to be achieved in this study are ( 1 ) decrypt the values of character education in teacher -made teaching materials in SMP N 4 Semarang . ( 2 ) decrypt the value of character education non -made teaching materials on junior high school teacher N 4 Semarang . This research uses descriptive qualitative research methods . Sources of research data is read teaching materials in Semarang SMP Negeri 4 . The data in this study is a sentence , a fragment of discourse , or discourse in teaching materials suspected to contain the values of character education .The results showed character education values contained in the material of teacher-made reading competence in Semarang SMP N 4 includes the value of discipline , respect for achievement , hard work , and caring environment . While character education values contained in the reading competence of artificial teaching material non - teachers in SMP N 4 Semarang includes religious , honest , curiosity , the spirit of nationalism , patriotism , respect for achievement , responsibility . In addition, researchers found the new character education value is the value of sincerity .

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Diana, D. (1). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI AJAR KOMPETENSI DASAR MEMBACA DI SMP NEGERI 4 SEMARANG. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 1(1). https://doi.org/10.15294/piwulang jawa.v1i1.2430

References

Anggreani, Rizki Citra (2012). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam RPP Bahasa
Jawa pada Kompetensi Dasar Membaca kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu.
Skripsi. UNNES.
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Asdi Mahastya.
Dewi, Neni Kusuma (2012). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Materi Ajar
Fabel. Skripsi. UNNES.
Haryadi. 2012. Dasar-dasar Membaca. Semarang: UNNES.
Kemenag, Sumut. 2012. Pendidikan Karakter. www.sumut.kemenag.go.id
(diunduh pada 20 Maret 2013)
Kemendiknas, Balitbang. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter
Bangsa, Pedoman Sekolah. www.gurupembaharu.com (diunduh pada 20 Maret 2013)
Khan, D.Yahya. 2010. Pendidikan Karakter, Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta:
Pelangi Publishing.
Koentjaraningrat. 2002. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta:
Gramedia Pusaka Utama.
Kurniawan, Benny. 2012. Ilmu Budaya Dasar. Tangerang: Jelajah Nusa.
Lickona, Thomas. 2012. Pendidikan Karakter. Bantul : Kreasi Wacana.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya Offset.
Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter, Pengintegrasian 18 Nilai Pendidikan
Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.
Praheto, Biya (2012). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Kompetensi Membaca dalam Buku Pelajaran Bahasa Jawa Tingkat SMP Terbitan Intan Pariwara. Skripsi. UNNES.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Salimudin. 2011. Pengembangan Materi Ajar Membaca Berwawasan Multikultural
Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. http://sippendidikan.org (diunduh pada 19 maret 2013)
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta
Wacana University Press.
Sulistiawati, Yaneu. 2008. Membaca Cepat Banyak Manfaat. Semarang:
Sindur Press.
Susilo, Muhammad Joko. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Manajemen
Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henri Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa Bandung.
Zuchdi, Darmiati. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta :
UNY Press.
Zulaeha. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Semarang: UNNES.