PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS KONTEKS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOMUNIKASI LISAN SISWA KELAS VIII SMP N 1 BATANGAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Shoimatur Romadlonah

Abstract

Siswa kelas VIII SMPN 1 Batangan yang telah belajar bahasa Jawa bertahun-tahun kurang mampu menggunakan bahasa Jawa yang santun. Siswa merasa kesulitan berkomunikasi lisan dengan menggunakan bahasa Jawa karena siswa belum paham kaidah penerapan unggah-ungguh basa. Oleh karena masih rendahnya kemampuan komunikasi lisan, untuk mengatasi kesulitan siswa ketika berbicara yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran generatif berbasis konteks. Karena strategi pembelajaran generatif menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya.Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII. Variabel penelitian terdiri dari variabel eksperimen dan variabel kontrol. Bentuk instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes (berbicara dan mendengarkan) dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan (1) Perolehan nilai dilihat dari nilai rata-rata kelas pada kemampuan berbicara dan mendengarkan kelas eksperimen sudah melebihi KKM, sedangkan kelas kontrol tidak lulus KKM pada keterampilan berbicara. (2) Berdasarkan hasil uji beda pada keterampilan berbicara, terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berbicara dan mendengarkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Perilaku siswa pada kelas eksperimen 84% berperilaku positif saat pembelajaran berlangsung. Pada kelas kontrol 46% siswa yang berperilaku positif saat pembelajaran berlangsung.

 

SMPN1 Batangan grade students who have learned the language bars Java many years are less able to use the Java language decent. Students find it difficult to communicate verbally using the Java language because students do not understand the rules of the application upload - ungguh bases. Because of the low oral communication skills , to overcome the difficulties of students when speaking by using context -based generative learning strategies . Because generative learning strategy emphasizes the integration of new knowledge by actively using prior knowledge before students .The study was designed using experimental research methods . The research was conducted at the eighth grade students . Variables consisted of the experimental variables and control variables . Forms of research instruments consisted of test instruments ( speaking and listening ) and observation . The data analysis technique used is the technique of quantitative and qualitative descriptive analysis .Results showed ( 1 ) Acquisition value seen from the average grade on the ability to speak and listen to the experimental class had exceeded KKM , while the control class did not pass KKM on speaking skills . ( 2 ) Based on the results of the different test speaking skills , there are significant differences in the skills of speaking and listening between the experimental class and the control class . ( 3 ) Behavior of students in the experimental class 84 % positive attitude when learning takes place. In the control class 46 % of students who behave when learning takes place.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Romadlonah, S. (1). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS KONTEKS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOMUNIKASI LISAN SISWA KELAS VIII SMP N 1 BATANGAN. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 1(1). https://doi.org/10.15294/piwulang jawa.v1i1.2440

References

Ariwardani, Kuntum. 2009. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Menggunakan Media Film Bisu pada Siswa Kelas VIII D SMP N 3 Punggelan Banjarnegara. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Hidayat, Syarif. 2009. Perbandingan Keterampilan Menyimak Pidato Berbahasa Jawa Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Sambi Kabupaten Boyolali dengan Menggunakan Media Kaset Dan VCD. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Kholil, A. 2008. Pembelajaran Generatif (MPG). Online. Terdapat di : http://anwarholil.blogspot.com/2008/04/pembelajaran-generatif-mpg.htm. (Di akses 28/01/13)
Kurniati, Endang dan Esti Sudi Utami. 2011. Pengembangan Pembelajaran Generatif Berbasis Konteks untuk Meningkatkan Kompetensi Komunikasi Lisan Bahasa Jawa siswa SMP. Penelitian Universitas Negeri Semarang.
Maria S. Haratua Tiur. 2004. Penerapan Model Belajar Generatif dalam Pembelajaran Rangkaian Listrik Searah. Tesis. UPI
Ningrum, Ida Setiya. 2009. Peningkatan Keterampilan Mendengarkan Wacana Berbahasa Jawa Berbasis Konteks Sosiokultural pada Siswa Kelas X-3 SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Nuraeni, Neneng dkk. 2011. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Laporan Penelitian. UPI
Purdi Hastuti, Nur Rohmah. Peningkatan Keterampilan Berbicara Ragam Krama pada Siswa Kelas VIII F SMPN 17 Semarang dengan Teknik Time Token Menggunakan Media Gambar Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Sapani, Suardi dkk. 1997. Teori Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Bagian proyek penataran guru SLTP setara, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.