PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO HUMORIS KETERAMPILAN MENULIS CRITA CEKAK BERMUATAN KONSERVASI BUDAYA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Didik Supriadi

Abstract

Lelucon yang diaplikasikan di dalam proses pembelajaran keterampilan menulis crita cekak  memicu kecerdasan siswa. Muatan konservasi budaya dalam menulis crita cekak juga  menjadi muatan dalam pembuatan media pembelajaran audio humoris tersebut. Metode research and development dalam penelitian ini mengacu teori Borg dan Gall. Hasil penelitian menerangkan kecenderungan kebutuhan yang diajukan guru dan siswa. Ide tersebut disusun dalam bentuk ciri-ciri dan prinsip dalam membuat media audio humoris. Prinsip tersebut berjumlah 41 poin. Prinsip yang berisi penggabungan humor dan materi ini susun dalam bentuk MP3 dan program audio lainnya. Media ini dilengkapi dengan buku panduan media. Aplikasi media tersebut menghasilkan angka pembelajaran yang signifikan. Nilai rata-rata awal 53,3 mengalami peningkatan menjadi 80,2. Angka tersebut diperoleh setelah siswa mendapatkan pembelajaran menggunakan media audio humoris. Jumlah siswa yang lulus dalam kompetensi ini adalah 28 dari 30 jumlah responden. Signifikansi keberhasilan mencapai 0.000 atau lebih kecil dari 0.005. Proses pembelajaran juga menjadi hal penting dalam aplikasi media tersebut. Media pembelajaran ini tidak berwujud statis. Oleh karena itu, media semacam ini perlu dikembangkan dalam berbagai materi pembelajaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Didik Supriadi, Sastra Jawa, Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, FBS, Unnes

Sastra Jawa, Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, FBS, Unnes

How to Cite
Supriadi, D. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO HUMORIS KETERAMPILAN MENULIS CRITA CEKAK BERMUATAN KONSERVASI BUDAYA. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 5(2), 1-7. https://doi.org/10.15294/piwulang.v5i2.47844