Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA

Main Article Content

Nabilah Mansur

Abstract

Matematika adalah salah satu disiplin ilmu yang dipelajari pada setiap jenjang pendidikan. Untuk menyelesaikan permasalahan matematika, siswa terlebih dahulu harus menguasi konsep-konsep matematika. Literasi matematika merupakan kemampuan seseorang untuk merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Capaian literasi siswa Indonesia dapat terlihat dari keikutsertaan Indonesia dalam studi komparatif internasional, seperti PISA (Program for Internastional Student Assessment). Hasilnya, anak Indonesia di PISA mencapai level tertinggi pada level 5 hanya 0,3%. Rendahnya hasil PISA menunjukkan bahwa literasi matematika siswa Indonesia sangat rendah. Oleh karena itu, perlu melatih literasi matematika siswa menggunakan soal PISA. Hasil PISA yang baik akan menunjukkan literasi matematika siswa baik pula.

Article Details

How to Cite
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 140-144. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19574
Section
Articles

References

Baswedan, A. 2014. Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Frengky. 2012. Model Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 35(2).
Johar, R. 2012. Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang Volume 1 No 1 Universitas Syiah Kuala. Aceh
OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.
Puspitasari, A., Susi, S., & Nurcholid, DSL. 2015. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Matematika. Artikel Ilmiah Mahasiswa Universitas Jember. Jember.
Putra, Y. Y., & Hartono, Y. (2016). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA KONTEN BILANGAN UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA. Jurnal Elemen, 2(1).
Purnomo, Suryo & Dafik. 2015. Analisis Respon Siswa Terhadap Soal PISA Konten Shape and Space dengan Rasch Model. Jurnal Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. Universitas Jember.
Sari, EFP. 2011. Pengembangan Soal Matematika Model PISA Untuk Mengetahui Argumentasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya. Palembang.
Sari, R. H. N. (2015). Literasi matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, UNY (pp. 713-720).
Sasongko, T. P. M., Dafik, D., & Oktavianingtyas, E. (2016). Pengembangan Paket Soal Model PISA Konten Space and Shape untuk Mengetahui Level Literasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Edukasi, 3(1), 27-32.
Setiawan, H., Dafik, D., & Lestari, N. D. S. (2014). SOAL MATEMATIKA DALAM PISA KAITANNYA DENGAN LITERASI MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI.
Wardhani, S., & Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: KemenDikNas dan PPPPTK.