Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pascasarjana, Universitas Negeri Malang

Main Article Content

Elly Mardiana

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu elemen penting yang mempengaruhi kesuksesan proses pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu buku teks. Bahan Ajar berbasis saintifik merupakan bahan ajar yang didalamnya mengandung tahapan-tahapan saintifik 5M diantaranya tahapan  Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar, dan Mengkomunikasikan. Fakta dilapangan memperlihatkan kurangnya penggunaan buku teks berbasis saintifik, siswa disekolah hanya menggunakan buku Lembaran Kerja Siswa (LKS) sebagai referensi pembelajaran. Literasi matematika sangatlah penting dalam pembelajaran matematika, karena literasi matematika adalah kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep prosedur, fakta, dan alat matematika, untuk mendiskripsikan, menjelaskan, dan memprediksi suatu fenomena atau kejadian.Tahapan-tahapan saintifik pada bahan ajar yang dikembangkan tersebut sesuai dengan karakteristik dari literasi matematika. Oleh karena bahan ajar saintifik yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa

Article Details

How to Cite
Mardiana, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 87-91. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19578
Section
Articles

References

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Depdiknas. 2008. Pengembangan bahan ajar. Direktorat pembinaan sekolah menengah atas direktorat jendral manajemen pendidikan dasar dan menengah departemen pendidikan nasional
Mustafa, D. 2008.The Application of Problem Solving Method on Science Teacher Trainess on the Solution of the Environmental Problems. International Journal of Environmental& Science Educat 3(1), 9 – 18.
Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan (PA Indonesia) (Online). (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii, diakses pada tanggal 10 September 2017)
Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Setiawan, H. 2014. Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
OECD. 2003. Literacy Skills for the World of Tomorrow. Further Result from PISA 2000. (Online). (http://www.oecd.org/edu/school/PISA/33690591, diakses pada tanggal 9 September 2017)