Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Matematik Dan Percaya Diri Melalui PBL Berbantuan Kartu Soal Siswa kelas X

Main Article Content

Elyn Diah Kusumawardani
Maryatun Maryatun

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara di SMA Negeri 12 Semarang  khususnya X MIPA 4 ditemukan masalah dalam pembelajaran matematika khususnya pada kemampuan menyimpulkan matematik dan rasa percaya diri. Salah satu model  pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam matematika yaitu PBL (problem based learning). PBL dirasa telah memberikan efek yang positif termasuk dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Kartu soal sebagai media dapat menampilkan permasalahan dengan bentuk yang unik siswa sehingga dapat menghidupkan suasana belajar mengajar. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah 37 siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 12 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik tes yang digunakan peneliti berupa tes uraian dan angket. Teknik non tes berupa pengamatan terhadap aktivitas siswa dan kinerja guru. Analisis data meliputi penyederhanaan data dan deskripsi data. Materi yang terlibat adalah pertidaksamaan rasional dan irasional. Indikator keberhasilan penelitian (1) hasil tes pada akhir siklus sebanyak 75% siswa mencapai KKM, (2) rata-rata kelas dari nilai kemampuan menyimpulkan matematik mencapai skor 70, (3) kualifikasi sikap percaya diri mencapai kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menyimpulkan matematik siswa pada siklus satu dengan ketuntasan kelas sebesar 78% dengan rata-rata 61,71 kurang dari syarat indikator keberhasilan yang diharapkan sebesar 70, sementara pada siklus kedua meningkat menjadi 91% dengan rata-rata sebesar 72,30 memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan dalam penelitian ini. Kualifikasi percaya diri pada siklus satu adalah tinggi dengan rata-rata presentase 71,08%, begitu pula kualifikasi percaya diri pada siklus dua adalah tinggi namun rata-rata presentase  meningkat menjadi 78,20%.

Article Details

How to Cite
Kusumawardani, E. D., & Maryatun, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Matematik Dan Percaya Diri Melalui PBL Berbantuan Kartu Soal Siswa kelas X. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 92-98. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19579
Section
Articles

References

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Depdiknas. 2008. Pengembangan bahan ajar. Direktorat pembinaan sekolah menengah atas direktorat jendral manajemen pendidikan dasar dan menengah departemen pendidikan nasional
Mustafa, D. 2008.The Application of Problem Solving Method on Science Teacher Trainess on the Solution of the Environmental Problems. International Journal of Environmental& Science Educat 3(1), 9 – 18.
Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan (PA Indonesia) (Online). (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii, diakses pada tanggal 10 September 2017)
Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Setiawan, H. 2014. Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
OECD. 2003. Literacy Skills for the World of Tomorrow. Further Result from PISA 2000. (Online). (http://www.oecd.org/edu/school/PISA/33690591, diakses pada tanggal 9 September 2017)