Penerapan Model PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa

Main Article Content

Endang Nurliastuti
Nuriana Rachmani Dewi
Sigit Priyatno

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah bagi siswa merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Selain itu, motivasi belajar siswa juga perlu ditingkatkan karena dengan adanya motivasi belajar yang tinggi siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat  diterapkan dalam  pembelajaran matematika untuk mengasah  kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa adalah model Problem Based Learning (PBL) bernuansa etnomatematika.


Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas XI MIPA 9 SMA Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Materi yang terlibat adalah program linear.


Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, jumlah siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis mencapai KKM sebanyak 70 % masih kurang dari syarat indikator pencapaian yang diharapkan sebesar  75, sementara pada siklus II meningkat menjadi 82,5 % memenuhi indikator yang diharapkan dalam penelitian ini. Motivasi belajar siswa pada siklus I memperoleh kategori sedang, sementara pada siklus ke II memperoleh kategori tinggi. Data nilai siswa menunjukan korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan tingkat motivasi belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Nurliastuti, E., Dewi, N. R., & Priyatno, S. (2018). Penerapan Model PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 99-104. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19581
Section
Articles

References

Asikin, M. 2011. Daspros Pembelajaran Matematika 1. Semarang: FMIPA Unnes.
Gilmer, G. 1995. A Definition of Ethnomathematics. International Study Groupon Ethnomathematics 11(1)
IEA, 2016. TIMSS 2015 International Result in Mathematics. Online). (http://timss2015.org/wp-content/uploads/filebase/full%20pdfs/T15-International-Results-in-Mathematics-Grade-4.pdf)
Murtafiah, W. 2009. Profil Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Kontekstual Matematika di SMP Negeri 1 Madiun.Fakultas MIPA 1(2).
OECD, 2016. PISA 2015 Result in Focus.
Riastini, Gunantara, G., &Suarjana, I. M.. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 2 (1).
Sumarmo, U. 2010. Berpikir Dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Bandung: FPMIPA UPI.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.