Keefektifan Model PBL dengan Pendekatan Open-ended pada Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Disposisi Matematis Siswa

Main Article Content

Farida Maria Ulfa
Maya Asriana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan pembelajaran model PBL dengan pendekatan open-ended pada pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis dan disposisi matematis siswa kelas VII materi segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Mranggen tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 339 siswa. Dengan menggunakan teknik simple random sampling, terpilih dua kelompok sampel yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan observasi. Analisis tes kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan uji t dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi segiempat yang menggunakan model PBL dengan pendekatan open-ended dapat mencapai ketuntasan minimal yang telah ditetapkan, yaitu 75% siswa dapat mencapai nilai minimal 65; (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model PBL dengan pendekatan open-ended lebih dari kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori; (3) disposisi matematis siswa yang belajar menggunakan model PBL dengan pendekatan open-ended lebih baik dari disposisi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori.

Article Details

How to Cite
Ulfa, F. M., & Asriana, M. (2018). Keefektifan Model PBL dengan Pendekatan Open-ended pada Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Disposisi Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 289-298. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19588
Section
Articles

References

Desiyanti, T. 2016. PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas IV SDN Cimasuk dan SDN Sirnasari di Kecamatan Pamuliahan, Kabupaten Sumedang). (Dissertation). UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA).
Dwijanto. 2007. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komputer Terhadap Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematik Mahasiswa. (Disertasi). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Flemmig, T. 2014. Problem-Based Learning in dentistry: An Introduction to undergraduate Problem-Based Learning (PBL) at the HKU Faculty of Dentistry. Hongkong: University of Hong Kong. Tersedia di http://facdent.hku.hk/docs/-PBL_FacDentHKU_2008.pdf, diakses 20 Desember 2016).
Hamdayama, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Inprasitha, M. 2006. Open-ended Approach and Teacher Education. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics 25, 170-171. Tersedia di http://www.hu-man.tsu¬kuba.ac.jp/~mathedu/2514.pdf.
Major, C. 1998. PBL Insight: A newsletter for Undergraduate Problem-Based Learning from Samford University 1(1), 2. Tersedia di http://www.wou.edu/~girodm/-670/pblins1.pdf, diakses 19 Desember 2016.
Munandar, U. 1977. Creativity and Education: A Study Of The Relationships Between Measures of Creativity Thinking and A Number of Educational Variables In Indonesian Primary and Junior Secondary School. Jakarta: Proyek Pengadaan/Penterjemah Buku Direktorat Pembinaan Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Munroe, L. 1997. The Open-ended Approach Framework. European Journal of Educational Research 4(3), 97-104. Tersedia di http://www.eurojedu.com/.
NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for school Mathematics. Reston, Virginia: NCTM
Noer, S.H. 2009. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA. Yogyakarta: UNY. Tersedia di http://eprints.uny.ac.id/12307/1/M_Pend_30_Sri%20Hastuti.pdf, diakses 19 Desember 2016.
Ruslan, A.S. & Santoso, B. 2013. Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Kreano 4(2), 141-144.
Russeffendi, E. T. 1994. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sanjaya, W. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media.
Savery, J.R. 2006. Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary journal of Problem-Based Learning 1(1), 5. Tersedia di https://docs.lib.pur¬due.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1002&context=ijpb, diakses 19 Desember 2016.
Shimada, S. & Becker, J.P. (1997). The Open-ended Approach: A new proposal for teaching mathematics. Virginia: National Council of Teachers of Mathematics
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarmo, U. (2012, April). Pendidikan Karakter serta Pengembangan Berpikir dan Diposisi Matematik dalam pembelajaran Matematika. In Makalah disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika, 25. NTT.
Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pusaka Publisher.
Walker. E.L. 1973. Conditioning and instrumental Learning. California: Wardworth Publishing Coy.
Wati, E., & Lismawati, N. 2010. A., 2010,“Pengaruh Independensi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, dan Pemahaman Good Governance terhadap Kinerja Auditor Pemerintah”. Proceding SNA XIII.