Uji Keterbacaan pada Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis

Main Article Content

Nuriana Rachmani Dewi
Florentina Yuni Arini

Abstract

Kalkulus Diferensial merupakan salah satu mata kuliah yang didapat mahasiswa di semester awal perkuliahan dan merupakan prasarat dari berbagai mata kuliah di semester selanjutnya. Jika mahasiswa kurang menguasai materi Kalkulus Diferensial, dimungkinkan mahasiswa akan mengalami kesulitan di berbagai mata kuliah yang menggunakan Kalkulus Diferensial sebagai prasaratnya. Karakteristik mata kuliah Kalkulus Diferensial yang banyak menggunakan grafik dan gambar membuat materi Kalkulus Diferensial lebih mudah disampaikan dengan bantuan Software Geogebra. Untuk itu pengembangan Buku Ajar Kalkulus Diferensial Berbantuan Software Geogebra dirasa perlu. Langkah-langkah pengembangan Buku Ajar Kalkulus Diferensial Berbantuan Geogebra menggunakan 4-D Model, di mana pada salah satu langkahnya adalah uji keterbacaan. Dari hasil uji keterbacaan didapatkan bahwa Buku Ajar Kalkulus Diferensial Berbantuan Geogebra ini valid dan dapat digunakan untuk langkah selanjutnya yaitu ujicoba di kelas.

Article Details

How to Cite
Dewi, N. R., & Arini, F. Y. (2018). Uji Keterbacaan pada Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 299-303. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19592
Section
Articles

References

Abba, N. 2000. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction). Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Branca, N. A. 1980. Problem Solving as A Goal, Process and Basic Skill. Problem solving in school mathematics 1, 3-8.
Dewi, N.R. 2013. Analisis Kesalahan Pekerjaan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus. Studi Pendahuluan. Semarang: Tidak diterbitkan.
Dwijanto. 2007. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komputer Terhadap Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematik Mahasiswa. (Disertasi). SPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan 13(2).
Kartini. 2009. Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/7036/1/P22-Kartini.pdf, diakses 29 Mei 2016).
Tim MGMP. 2005. Perangkat pembelajaran. Semarang: Tim MGMP Matematika SMP Kota Semarang.
Utari, T. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. (Disertasi). Universitas Negeri Semarang
Webb, N., & Coxford, A. F. 1993. Assessment in the mathematics classroom. National Council of Teachers of Mathematics, 55.
Widarti, S., Yunarti, T., & Asnawati, R. 2014. Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila 2(4).
Wikipedia. 2013. Kalkulus. [Online].
Yonandi. 2011. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematik melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Komputer pada Siswa SMA. (Disertasi). SPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.