Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Menggunakan Model Discovery Learning Terintegrasi Pemberian Motivasi

Main Article Content

Henny Nurdiana
Emi Pujiastuti
Sugiman Sugiman

Abstract

Tujuan penelitian ini  (1) menguji kemampuan komunikasi matematis peserta didik  SMP Negeri 40 Semarang kelas VII dalam pembelajaran model Discovery Learning terintegrasi pemberian motivasi mencapai ketuntasan belajar; (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik  SMP Negeri 40 Semarang kelas VII menggunakan pembelajaran model Discovery Learning terintegrasi pemberian motivasi ditinjau dari self-efficacy.Metode penelitianadalah kombinasi (mixed method).Desain penelitian yang digunakan adalah Concurrent Embedded Design.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 40 Semarang.  Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII F.  Subjek penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik. Hasil penelitian adalah (1) kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan model Discovery Learning terintegrasi pemberian motivasi mencapai ketuntasan belajar, (2) diskripsi kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-efficacy pada penelitian ini diketahui bahwapada indikator problem interpretation,langkah yang digunakan ST-1 dan ST-2 dalam menyelesaikan soal sudah tepat dan runtut beserta alasan pemilihan langkah tersebut.

Article Details

How to Cite
Nurdiana, H., Pujiastuti, E., & Sugiman, S. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Menggunakan Model Discovery Learning Terintegrasi Pemberian Motivasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 120-129. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19594
Section
Articles

References

Anintya, Y. A., Pujiastuti, E., & Mashuri. 2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII pada Model Pembelajaran Resource Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education 6(1), 37-43.
Asikin, M. & Junaedi, I. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik Smp Dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research 2 (1), 203-213.
Aziz, A., Budiyono, & Subanti, S. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Inquiry Learning Dan Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kecerdasan Spasial Peserta didik Kelas VIII Smp Negeri Se-Kota Surakarta. JMEE 5(1), 51-60.
Azwar, S. 2016. Penyusunan Skala Psikologi (pp. 149-150). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. 1977. Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review 84, 191-215.
Creswell, J. W. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (pp. 102-198). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desmawati, Mariana, R., Mulyani, S. H. 2015. Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Pada Siswa SMPN 2 Padang Panjang. Psyche 165 Journal 8(2), 14-28.
Hamidah. 2012. Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPAUniversitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Kostos, K & Shin, E. 2010. Using Math Journals to Enhance Second Graders’ Communication of Mathematical Thinking. Springer 38, 223-231.
Mahmoud, A.K.A. 2014. The Effect of Using Discovery Learning Strategy in Teaching Grammatical Rules to first year General Secondary Student on Developing Their Achievement and Metacognitive Skills. International Journal of Innovation and Scientific Research 5(2), 146-153.
Mesterova, J. Prochazka, J. Vaculik, M. 2015. Relationship between Self-Efficacy, Transformational Leadership and Leader Effectiveness. Journal of Advanced Management Science 3(2), 109-122.
Muklis, Y.M., Sanhadi, K.C.D. 2016. Kontribusi Self Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta didik. In Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP 1) Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta
Prasad, K. S. 2011. Learning Mathematics by Discovery. Academic Voices a Multidisplinary Journal 1(1), 31-33.
Sudjana, N. 2005. Metode statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.