Implementasi Pendekatan Ilmiah pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 3 Mranggen Tahun Ajaran 2013/2014

Main Article Content

Septi Dini Lestari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah implementasi pendekatan ilmiah pada pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas VII SMPN 3 Mranggen materi Statistik dan Peluang tahun ajaran 2013/2014? (2) Apa saja kesulitan yang dihadapi guru matematika dalam mengimplementasikan pendekatan ilmiah pada pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas VII SMPN 3 Mranggen materi Statistik dan Peluang tahun ajaran 2013/2014 dan apa saja solusi yang telah dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut? Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas VII SMPN 3 Mranggen. Observasi digunakan untuk melihat aktifitas guru dan siswa di dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan ilmiah. Wawancara digunakan untuk mencari informasi secara langsung mengenai implementasi pendekatan ilmiah. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk melihat perencanaan pembelajaran guru berupa RPP. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah dengan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi pendekatan ilmiah pada pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas VII SMPN 3 Mranggen materi Statistik dan Peluang tahun ajaran 2013/2014 telah berlangsung dengan baik sesuai dengan kurikulum 2013. Kesulitan yang dihadapi guru yaitu pada kegiatan mengamati, menanya dan menalar. Usaha yang telah dilakukan adalah dengan menerjemahkan materi ke dalam masalah kehidupan sehari-hari, memancing siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang merangsang keingintahuan siswa, serta melakukan bimbingan dan arahan kepada siswa baik individu maupun kelompok.

Article Details

How to Cite
Lestari, S. D. (2018). Implementasi Pendekatan Ilmiah pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 3 Mranggen Tahun Ajaran 2013/2014. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 309-317. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19602
Section
Articles

References

A. M., Sardiman, 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.
Effendi, M. M. 2010. Prinsip Kurikulum Matematika Sekolah: Kajian Orientasi Pengembangan. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Malang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Matematika SMP/MTs Untuk Kelas VII: Buku Guru, Jakarta: Kemdikbud.
Lakshmi, G. V. S. 2011. Methods Of Teaching Environmental Science. Delhi: Mehra Offset Press.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Napitulu, Ester Lince. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. (Online). (http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434, diakses 27 November 2013).
Ontario Principals Council. 2009. The Principal As Mathematics Leader. California: Corwin Press.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013. Implementasi Kurikulum, Lampiran VI, Pedoman Umum Pembelajaran.
Silberman, Mel. 2009. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusamedia.
Sistem Elektronik Pemantauan Implementasi Kurikulum 2013. (Online). (http://kurikulum.kemdikbud.go.id/public/school, diakses 27 November 2013).
Sobel, Max. A. dan Evan M. Maletsky. 2004. Mengajar Matematika: Sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktifitas, dan Strategi, Terj. Jakarta: Erlangga.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia, Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Suyitno, A. 2004. Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: Unnes.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1.
Unjianto, Bambang. 2013. Implementasi Kurikulum 2013 Banyak Jadi Sumber Kebingungan Guru. (Online). (http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/-2013/10/15/175779, diakses 28 Oktober 2013).