Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21

Main Article Content

Nevi Trianawaty Anwar

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu penentu maju mundurnya peradaban suatu bangsa. Oleh karena itu, di zaman modern ini pendidikan memegang peranan penting dalam menciptakan generasi-generasi bangsa yang mampu mengimbangi laju perkembangan ilmu pengetahuan, tak terkecuali bidang ilmu matematika. Bidang ilmu matematika yang berkembang tak hanya matematika itu sendiri namun juga pembelajaran di dalam kelas. Berkembangnya pembelajaran matematika, diikuti dengan tuntutan meningkatnya kemampuan dan keterampilan dalam pembelajaran matematika. Salah satu kemampuan yang terlibat dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan literasi matematis. Tak hanya sekedar terlibat, kemampuan lterasi matematis juga berperan penting dalam pembelajaran matematika di abad-21 saat ini. Hal ini mengakibatkan tantangan besar dalam menciptakan pembelajaran matematika yang sesuai agar kemampuan literasi matematis lebih tereksplor. Makalah ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan, bagaimana peran kemampuan literasi matematis dalam pembelajaran matematika abad-21?. Selain itu, pembelajaran matematika seperti apakah yang dapat mengeksplor kemampuan literasi matematis tersebut?.

Article Details

How to Cite
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364-370. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19603
Section
Articles

References

BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XX1. Jakarta: BSNP.
de Lange, J. 2006. Mathematical Literacy For Living From OECD-PISA Perspective. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics 25, 13-35.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Fathani, A.H. 2016. Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences, Jurnal EduSains 4(2), 136-150.
Kohar, A. W & Zulkardi. 2014. Pengembangan Soal Berbasis Literasi Matematika dengan Menggunakan Kerangka PISA Tahun 2012. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XVII Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.
Majid, S. 2014. Analisis Tingkat Pendidikan dan Kemiskinan di Aceh. Jurnal Pencerahan (8), 15-37.
Mukhdis, A. 2013. Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan karakter 3(2), 115-136.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Profesional Standards for Schol Mathematics. USA: NCTM.
OECD, PISA. 2012. Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, Paris: OECD Publisher, 2013.
Ojose, B. 2011. Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use. Journal of Mathematics Education 4(1), 89-100.
Partnership for 21st Century Skills (P21). 2014. Framework for 21st Century Learning. (Online). (http://www.p21.org/our-work/p21-framework, diakses 13 Oktober 2017).
Sari, R. H. N. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. Yogyakarta.
Stacey, K & Turner, R. 2012. Assessing Mathematical Literacy: The PISA Experience. Australia: Springer.
Trilling, B. & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang. Malang.